Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei PWS: Partai Perindo Tembus Parpol Papan Tengah

Kamis, 16 Maret 2023 21:31 WIB
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Partai Perindo terus menunjukkan tren peningkatan menuju kontestasi Pemilu 2024.

Dalam riset terbaru lembaga survei Political Weather Stations (PWS) pada Maret 2023, Partai Perindo mampu menembus elektabilitas 5 persen dan menduduki parpol papan tengah.

Peneliti PWS, Sharazani mengatakan, Partai Perindo mampu sejajar dengan parpol-parpol yang sekarang berada di parlemen. Bahkan, elektabilitas Partai Perindo berhasil menembus papan tengah bersama dengan Nasdem, PKB dan PKS.

"Di papan tengah ada Partai Nasdem (8,5 persen), PKB (7,6 persen) dan PKS (7,4 persen), diikuti Partai Perindo (5 persen)," kata Sharazani.

Baca juga : Setan Merah Mau Tebus Harry Kane Rp 2,8 Triliun

Tak hanya mampu bersaing di papan tengah, partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) ini bahkan mampu menyalip dua parpol yang notabene langganan lolos ke Senayan. Dua parpol yang mampu disalip Partai Perindo yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"PAN dan PPP nampaknya harus berjuang keras apabila ingin bertahan di Senayan mengingat elektabilitasnya kurang dari 3 persen," ujarnya.

Di sisi lain, Sharazani mengatakan dalam survei PWS kali ini masih menunjukkan PDI Perjuangan tetap kokoh di posisi puncak dengan 21,9 persen, diikuti oleh Partai Gerindra dengan elektabilitas 16,4 persen. 

Kemudian, Partai Demokrat dan Partai Golkar bersaing di posisi tiga dan empat dengan elektabilitas masing-masing 10,3 persen dan 10,2 persen.

Baca juga : Survei PWS: Duet Prabowo-Ganjar Paling Favorit

Merespons hasil survei tersebut, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo berpesan agar seluruh kader bekerja keras dan pantang menyerah mencapai target suara dua digit pada Pemilu 2024.

Survei PWS Maret 2023: Elektabilitas Partai Perindo 5 persen dan menembus papan tengah. Kepada seluruh kader Partai Perindo, saya berpesan: Kita harus berjuang maksimal, memperoleh dua digit kursi di semua tingkatan," kata HT.

HT menegaskan apa yang diperjuangkan Partai Perindo. “Perjuangan kita Indonesia bisa sejahtera, masyarakatnya sejahtera, sehingga persatuan kesatuan kokoh dan solid di Indonesia. Jangan pernah menyerah, sebelum tujuan tercapai. Ayo semangat,” imbuhnya.

Survei PWS dilaksanakan pada 3-10 Maret 2023 di 34 provinsi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuisioner.

Baca juga : Survei DSI: Pedagang Pasar Dan Mall Dukung Airlangga Nyapres

Adapun, jumlah sampel yang ditentukan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden yang telah dipilih melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat atau systematic random sampling.

Sementara itu, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,83 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.