Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Capres PAN Berasal Dari Aspirasi Rakyat

KIB Tak Ketinggalan Kereta

Minggu, 19 Maret 2023 07:55 WIB
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. (Foto: Facebook)
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Kata Dave, KIB tak perlu terburu-buru membahas dan mendeklarasikan capres cawapres. Mengingat tanggal pelaksanaan Pemilu 2024 masih lama, masih 14 Februari 2024.

“Kenapa mesti tergesa-gesa? Tenang saja. Pendaftaran juga masih Oktober. Tunggu saja nanti pada waktunya pasti akan kita umumkan capres cawa­pres,” kata Dave kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Apalagi, poros lain juga be­lum jelas. Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai NasDem, PKS dan Partai Demokrat, be­lum punya pasangan capres cawapres. Begitu juga koalisi Gerindra-PKB, maupun poros PDI Perjuangan.

Baca juga : Mardiono Ingin Berikan Yang Terbaik Bagi Rakyat Soal Capres-Cawapres

Dia menegaskan, KIB tidak retak. Ketiga ketua umum partai sangat intens berkomunikasi.

“Banyak isu yang dibahas. Platform, isu dan gagasan yang akan diusung di Pemilu 2024. Komunikasi tak ada kendala apapun,” katanya.

Terkait ketua umum partai yang bermanuver dengan mem­bangun komunikasi bersama ko­alisi maupun partai lain, menurut Dave, itu wajar saja.

Baca juga : Ridwan Kamil Jadi Inspirasi Peserta Golkar Institute Public Lecture

“Tidak ada perbedaan friksi dan pendapat. Tidak ada gerakan yang arahnya pembubaran. Masih kompak dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tegasnya.

Seperti diketahui, belakangan beredar tudingan KIB meru­pakan perahu cadangan alias sekoci jagoan Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024. Indikatornya beragam, mulai dari komposisi partai yang merupakan pendu­kung Pemerintah, hingga am­bisi melanjutkan program baik Jokowi.

Direktur Gerakan Perubahan Muslim Arbi, salah satunya. Dia menyebut, KIB kendaraan jagoan capres Jokowi, yang dise­butnya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga : Penuhi Aspirasi Rakyat Maluku, Kemenhub Izinkan Kapal Perintis Angkut Ternak

“Bisa jadi sedang dipersiap­kan Jokowi jika akhirnya PDIP tidak capreskan Ganjar,” ujar Muslim. ■ BSH/FAQ

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.