Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Kinerja Cemerlang, Elektabilitas Erick Thohir Gemilang, PPP Senang

Senin, 27 Maret 2023 15:43 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 naik signifikan. Hal itu tercermin dari dua hasil survei nasional terbaru dari Indo Barometer dan Indikator Politik Indonesia.

Menurut hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, pada simulasi tujuh nama cawapres, elektabilitas Erick Thohir ada di papan atas dengan memperoleh 21,3 persen.

Tren elektabilitas Erick menguat lebih besar, dari 9 persen di bulan Oktober 2022, 10 persen di akhir November 2022, melonjak ke 21 persen di Februari 2023.

Sementara itu, hasil survei terbaru Indo Barometer, Erick Thohir sebagai cawapres terkuat menjelang Pilpres 2024 dengan elektabilitas tertinggi, yakni 22,9 persen.

Angka itu melampaui sejumlah nama lain, seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (15,8 persen), Muhaimin Iskandar (6,7 persen), Puan Maharani (6,3 persen), dan Chairul Tanjung (2,7 persen).

Baca juga : Elektabilitas Erick Naik Tajam, PAN Gembira

Ringginya tren elektabilitas Erick disambut gembira Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani. Dia mengaku senang dengan tren kenaikan elektabilitas Erick Thohir tersebut.

Menurut Arsul, kenaikan tren ini menunjukkan setidaknya empat hal positif pada diri Erick Thohir. Pertama, Erick Thohir melakukan kerja-kerja elektoral yang serius dengan terus menyentuh segmen-segmen masyarakat yang selama ini belum mengenal dirinya dengan cukup baik.

Kedua, kerja-kerja elektoralnya yang diwujudkan dengan berbagai kegiatan itu diterima oleh kalangan yang lebih luas.

Faktor ketiga, kata Arsul, figur Erick Thohir dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai penerus kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meskipun dalam posisi sebagai cawapres.

“Makin banyak segmen masyarakat yang bisa menerima Erick Thohir sebagai sosok yang berpotensi menjadi pemimpin pasca kepemimpinan Presiden Jokowi, meski untuk posisi sebagai calon wakil presiden,” ujar Arsul Sani dalam keterangannya, Senin (27/3).

Baca juga : NasDem Jabar Minta Jangan Pernah Lengah

Sementara faktor keempat adalah apresiasi atas kinerja Erick Thohir dalam memimpin BUMN yang berkontribusi secara nyata bagi kehidupan masyarakat dan juga pada bidang olahraga.

“Ada pengakuan dan penerimaan terhadap kinerja Erick Thohir, baik sebagai Menteri BUMN maupun pengusaha, yang memiliki kontribusi dalam berbagai kegiatan sosial dan olahraga,” paparnya.

Selain terpilihnya Erick sebagai Ketum PSSI, Arsul juga melihat aktivitas Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU juga turut menyumbangkan akseptabilitas dan elektabilitas dirinya.

Bagi kalangan PPP sendiri, kenaikan elektabilitas Erick Thohir ini menggembirakan. Sebab, dia adalah satu sosok yang juga digadang-gadang sejumlah kalangan internal PPP untuk menjadi cawapres.

“Dengan kenaikan ini, PPP menjadi punya modal untuk meyakinkan juga capres yang akan didukungnya untuk menawarkan cawapres yang dapat menguatkan capres yang bersangkutan untuk memenangkan Pilpres,” tandas Arsul.

Baca juga : Elektabilitas Erick Thohir Gemilang, PPP Senang

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan, jalan lurus Erick Thohir maju cawapres pada Pilpres 2024 kian jelas terlihat.

Dukungan besar masyarakat, termasuk PPP dan PAN dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), menjadi salah satu faktor utamanya.

"Untuk calon wakil presiden saya kira sangat berpeluang," tutur Emrus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.