Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dalam Koalisi Apapun, Airlangga Wajib Jadi Capres Atau Cawapres

Jumat, 7 April 2023 06:05 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Yogyakarta Gandung Pardiman/Ist
Ketua DPD Partai Golkar Yogyakarta Gandung Pardiman/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gandung Pardiman menegaskan, Airlangga Hartarto wajib hukumnya maju di Pilpres 2024.

"Dalam koalisi apapun, Pak Airlangga Hartarto wajib jadi capres atau cawapres," kata Gandung melalui keterangannya, Kamis (6/4).

Keputusan Airlangga sebagai capres ataupun cawapres, dikatakan Gandungn sesuai dengan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar pada 16 Desember 2019.

Baca juga : Soal Koalisi Besar, Jokowi Pilih Jadi Pendengar

Hal ini diperkuat dengan keputusan forum tertinggi kedua di Partai Golkar, yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

“Forum tersebut menyatakan Ketua DPD Partai Golkar seluruh Indonesia mendukung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024," tegas Gandung.

Politisi senior beringin ini menegaskan, keputusan itu sampai saat ini belum berubah. Hal ini menjadi salah satu syarat wajib dalam berkoalisi, yakni Airlangga Hartarto maju capres atau cawapres.

Baca juga : Ide Airlangga Disambut Hangat

Anggota Komisi VII DPR ini mengaku khawatir bila Airlangga Hartarto tidak maju menjadi capres atau cawapres pada Pemilu 2024, maka akar rumput Golkar akan bergejolak.

"Saya kira koalisi besar cukup 5 partai pendukung Jokowi, nggak usah tambah-tambah, kecuali partai baru silakan saja. Tiga pasangan capres cawapres sudah lebih dari cukup," kata dia.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Gandung, semua kader Partai Golkar di seluruh Indonesia harus bekerja keras. Mesin partai pun harus ditingkatkan dalam bekerja sehingga bisa memenangkan Pemilu 2024

Baca juga : Soal Calon Menpora, Airlangga: Sudah Ada Di Kantong Presiden

Menurutnya, tahun 2024 adalah momen yang sangat tepat bagi Partai Golkar memenangkan Pemilu 2024 dan menjadikan ketua umum maju sebagai capres atau cawapres.

Gandung menyebut, kondisi ekonomi global di masa mendatang cukup berat dan sulit, sehingga dibutuhkan pemimpin yang telah teruji bisa mengatasi masalah ekonomi bangsa. “Semua itu ada pada diri Pak Airlangga Hartarto," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.