Dark/Light Mode

Cawapres Anies Mengerucut Ke Satu Nama, Demokrat: AHY Paling Memenuhi Syarat

Jumat, 9 Juni 2023 15:34 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Kolase Foto Instagram/ @aniesbaswedan dan @agusyudhoyono)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Kolase Foto Instagram/ @aniesbaswedan dan @agusyudhoyono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desas-desus nama pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 terus menggelinding. Ada yang bilang, bakal calon wakil presiden (bakal cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sudah mengerucut ke satu nama. Tapi siapa dia?

Partai Demokrat pede menyebut nama Ketumnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief bilang adalah Ketumnya yang hingga saat ini paling memenuhi syarat untuk berduet dengan Anies.

Baca juga : Puan Nyebut AHY, Demokrat Bilang Terima Kasih...

Sejauh ini, selain AHY, ada 2 nama lain yang disebut-sebut masuk dalam radar KPP. Mereka antara lain mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Semua jawaban para figur di luar Mas Ketum AHY menyatakan tidak sanggup memenuhi persyaratan. Kesimpulannya ketum AHY yang memenuhi kesanggupan dan persyaratan menjadi cawapres Anies," kata Andi, Jumat (9/6). 

Baca juga : Ganjar Dekati 40 Persen

Andi menyebut nama-nama yang digadang sebagai pendamping Anies telah bertemu langsung dengan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. Bahkan sudah berkomunikasi dengan KPP. Namun hasilnya, lanjut Andi, yang menyanggupi hanya AHY. 

Dengan demikian, ia menilai kepantasan AHY sebagai pendamping Anies itu bukan semata-mata karena AHY putra sulung dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Melainkan AHY memiliki kapabilitas dan memenuhi persyaratan cawapres yang dibutuhkan oleh Anies.

Baca juga : Demokrat Kasih Bocoran DNA-nya Bakalan Oposan

"Memang figur-figur lain tak sanggup. Hanya ketum AHY yang sanggup menerima tantangan rakyat membawa aspirasi perubahan dan perbaikan," ujar Andi.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan Anies telah menyampaikan satu nama kandidat cawapresnya kepada ketiga elite parpol KPP. Akan tetapi ia belum bisa memastikan kapan Anies dan cawapresnya diumumkan ke publik. Dia hanya mengatakan ada tenggat waktu yang disepakati, yakni maksimal pada 16 Juli mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.