Dark/Light Mode

Partai Garuda Dukung Mahasiswa Kritis Jadi Caleg

Senin, 19 Juni 2023 12:39 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi (Foto: Ist)
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Manik Marganamahendra yang dulu pernah menyebut DPR sebagai 'Dewan Pengkhianat Rakyat', kini maju sebagai calon legislatif.

Partai Garuda mendukung para mahasiswa aktivis yang kerap mengkritik DPR untuk bergabung sebagai calon legislatif.

"Ketika eks Ketua BEM yang dulunya dianggap menghina DPR maju menjadi caleg, banyak yang menghujat dan menudingnya tidak konsisten. Tentu selain para eks ketua BEM, juga para mahasiswa yang dulunya dianggap menghina DPR akan mengalami hal yang sama ketika maju menjadi caleg," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Garuda Teddy Gusnaidi kepada wartawan, Senin (19/6).

Baca juga : Perindo: Parpol Harus Wadahi Kekritisan Pemuda!

Pria yang juga menjabat juru bicara Partai Garuda ini mengatakan, partainya mendukung para mantan pimpinan organisasi mahasiswa maupun para mantan mahasiswa lain, yang sudah cukup umur, untuk maju dalam Pileg, apa pun partainya.

Diingatkannya, jangan sampai kendor karena hujatan dan tudingan.

"Karena sekeras apapun kritik mereka saat masih menjadi mahasiswa ke DPR bahkan ke Pemerintah, itu bagian dari proses yang mereka jalani dalam berdemokrasi," tutur Teddy.

Baca juga : Direksi Pertamina Patra Niaga Dirombak, Riva Siahaan Ditunjuk Jadi Dirut

Teddy mencontohkan, banyak tokoh di negara ini yang dulunya melawan pemerintah, melawan rezim, tapi kini menjadi bagian dari rezim, menjadi tokoh bangsa di negeri ini.

"Karena suka tidak suka, harus kita akui bahwa, Negara ini lahir melalui para tokoh bangsa yang kala itu masih muda. Soekarno muda berjuang, Hatta muda berjuang, dan banyak lagi tokoh kemerdekaan bangsa yang kemudian memimpin republik ini, dulunya adalah para pemuda yang kritis akan keadaan," tutur Teddy.

Sebelumnya, Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Manik Marganamahendra menjadi bacaleg DPRD DKI dari Partai Perindo dan mengakui dampak dan introspeksi pada perkataannya lalu.

Baca juga : Buka Jasa Cukur Rambut Gelap, Mahasiswa Vietnam Ditahan Polisi Jepang

"Berdampak sih pada akhirnya saya refleksi diri aja ya. Kenapa? karena orang yang berbeda pendapat itu sangat wajar dan kalau ternyata mereka mengkritik juga tak masalah menurut saya, artinya saya punya mitra berpikir kritis yang harapannya bisa mengawal saya, bisa mengawasi saya," kata Manik saat dihubungi, Jumat (16/6).

Manik menilai, wajar jika masyarakat mengkritik keputusannya untuk menjadi Bacaleg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.