Dark/Light Mode

PPP Sebut Dudung Uu Cocok Jadi Cawapres

Rabu, 7 Juni 2023 07:57 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Istimewa)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) semakin menghangat. Salah satu nama baru yang muncul adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

PPP menyambut baik sejumlah nama yang muncul. Sekretaris Majelis Pakar DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Fernita Jubahar Amirsyah menilai, nama-nama yang mengemuka sangat layak menjadi bakal cawapres.

"Termasuk KSAD Jenderal Dudung, amat layak menjadi bakal cawapres," kata Fernita dikonfirmasi Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan Kapitra Ampera menilai Dudung sosok ideal sebagai bakal cawapres. Meski demikian, lanjut Fernita, Jenderal Dudung mesti dipastikan memiliki dukungan kuat dari partai politik.

Selain itu, kata dia, sosok cawapres juga patut mendapat dukungan dari ormas keagamaan, dunia usaha, dunia akademik, hingga akar rumput pada umumnya. "Kalau punya modal dukungan semua ini, Pak Dudung sangat layak. Jadi Pak Dudung mau mendekat ke partai apa?" tuturnya sembari menambahkan, PPP belum mengkomunikasikan nama ini kepada PDI Perjuangan.

Baca juga : Erick Juara 1 Survei Cawapres

Soal apakah Dudung menjadi cawapres Ganjar Pranowo, dikatakan Fernita, ini adalah kewenangan PDI Perjuangan. Sebab, partai yang dinahkodai Megawati Soekarnoputri itu dapat mengusung pasangan capres-cawapres sendirian. PPP hanya sebatas mengusulkan calon terbaik.

"Alhamdulillah PDI Perjuangan tidak mau sendiri. Dan partai yang pertama kali dengan PDI Perjuangan adalah PPP," katanya.

Fernita menambahkan, secara umum, kriteria cawapres yang bakal diusung PPP adalah sosok yang bisa mendulang dan menambah elektabilitas capres. Cawapres wajib disukai dan dipilih pemilih pemula karena pemilih generasi milenial ini mayoritas dalam Pemilu 2024.

"Juga yang kuat di media sosial dan dukungan finansial mumpuni. Kita tidak tutup mata bahwa biaya politik Pilpres besar," katanya.

Namun demikian, tambah Fernita, siapapun calon yang berlaga, dia berharap Pilpres 2024 berlangsung damai serta bermartabat.

Baca juga : Pendukung Yang Ingkari Capresnya

"Seluruh tim sukses pendukung tak boleh saling menghasut dan menjelek-jelekkan, apalagi menghujat dam menjatuhkan personal. Kita harus damai, kampanye adu gagasan dan bersaing secara elegan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan DPW PPP Jawa Barat Wilayah III Cirebon Cecep Suprianto menyebut, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum akan diusulkan Ka'bah sebagai cawapres Ganjar. Nama Uu ini merupakan hasil konsolidasi internal yang dilakukan oleh DPC PPP Indramayu, Senin (5/6).

"Kami telah membuat surat rekomendasi secara resmi untuk diserahkan ke DPP di Jakarta," ungkap Cecep kepada wartawan, kemarin.

Salah satu pertimbangan mengusulkan nama Wagub Uu Ruzhanul yakni karena kader Ka'bah ini putra terbaik Jawa Barat.

"Ini dapat menambah suara Pak Ganjar di Jawa Barat. Ditambah Wagub UU memiliki kemampuan dalam birokrasi, baik legislatif dan eksekutif," jelas Cecep.

Baca juga : Airlangga Diuntungkan Isu Ekonomi Di Bursa Cawapres

Wagub UU berterima kasih kepada kader PPP wilayah III Cirebon yang telah merekomendasikannya kepada DPP sebagai cawapres. 

"Semua tetap dikembalikan lagi ke DPP. Saya ucapkan syukur alhamdulillah, saya ada yang melirik. Sebagai kader partai siap maju menjadi calon wakil presiden, gubernur, atau DPR RI. Sebab tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia politik," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.