Dark/Light Mode

Elektabilitas Ganjar Rebound, Hasto Hormati Golkar Dan PAN Dukung Prabowo

Minggu, 20 Agustus 2023 20:51 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto. (Dok. PDIP)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto. (Dok. PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa partainya menghormati keputusan Golkar dan PAN bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra dan PKB mendukung Prabowo Subianto. 

Kendati demikian, ia mengaku PDIP tetap menjalin komunikasi dengan dua partai tersebut. Ia memastikan partainya tidak akan campur tangan terkait pilihan PAN dan Golkar dalam Pilpres 2024.

"PDI Perjuangan tidak pernah mencampuri kedaulatan partai lain,” kata Sekjen PDIP di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP di Balikpapan, Kalimantan Timur, dilansir Antara, Minggu (20/8).

Baca juga : Perkuat Barisan, Giliran Gardu Ganjar Muda Tangerang Deklarasikan Dukungan 

Saat ini, PDIP, sebut Hasto terus menjalin kerja sama yang intens dan harmonis dengan PPP, Perindo, dan Hanura untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres).

Elektabilitas Ganjar Kembali Naik

Hasto menekankan adanya dukungan solidaritas dari masyarakat terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Pilpres 2024. Dukungan ini tercermin dalam survei baru dari Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan kenaikan elektabilitas Ganjar setelah beberapa bulan stagnan.

“Ini berarti telah terjadi rebound. Tak heran optimisme soal kemenangan pileg (pemilihan anggota legislatif) dan Pilpres 2024 sangat tinggi di seluruh kader PDIP, termasuk di Kalimantan Timur,” tuturnya.

Baca juga : Tak Benar Presiden Arahkan Golkar-PAN Merapat Ke Prabowo

Dalam survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia, Jumat (18/8) elektabilitas Ganjar kembali ke posisi puncak, dengan tingkat keterpilihan 35,2 persen. Kemudian, Prabowo di urutan dua (33,2 persen) dan Anies di urutan tiga (23,9 persen).

PDIP Rumah Semua Golongan 

Ia menerangkan bahwa PDIP, adalah rumah bagi berbagai kelompok dan golongan di Indonesia. Termasuk untuk kalangan NU dan Muhammadiyah.

“Latar belakang Pak Ganjar, keluarganya sangat baik, istrinya Bu Siti Atiqoh memiliki irisan dengan teman-teman dari NU, dari PPP, sementara Bung Karno dan Ibu Megawati juga memiliki kedekatan dengan keluarga besar Muhammadiyah," lanjutnya.

Baca juga : Mega Berusaha Nggak Panik

Pada saat bersamaan, kata Hasto PDIP juga menjadi rumah bersama bagi umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, serta aliran kepercayaan.

Selain itu, anaknya Ganjar, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, juga merupakan bagian dari kalangan anak muda.

“Keluarga sakinah ini akan menjadi representasi dalam suatu tradisi membangun demokrasi yang baik,” kata Sekjen PDI Perjuangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.