Dark/Light Mode

Keyakinan Hashim Djojo

Golkar-PAN Segera Dukung Prabowo

Sabtu, 12 Agustus 2023 08:00 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Humas Gerindra)
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Humas Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo yakin, akan ada tambahan partai politik lain yang mendukung Prabowo Subianto. Setelah Gerindra dan PKB, menurut adik Prabowo itu, Golkar dan PAN segera menyusul. Betulkah?

PKB sebagai rekan koalisi Gerindra di Ko­alisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), diakui Hashim, sudah pasti mendukung Prabowo. Sekalipun saat ini PKB masih memaksa agar Muhaimin Iskandar dijadikan Cawapres pendamping Prabowo.

"Saat ini, setahu saya masih PKB," kata Hashim dalam acara Pembekalan Materi dan Konsolidasi Relawan Prabowo yang dilaku­kan secara online, Kamis (10/8).

Baca juga : Deklarasikan Dukungan, GMPP Jadi Poros Kekuatan Baru Pendukung Prabowo

Namun, dalam waktu dekat, kata dia, koalisi Prabowo bakal mendapat tambahan amunisi. Yaitu; PAN dan Golkar.

Apa dasar Hashim yakin PAN dan Golkar akan bergabung dukung Prabowo? Menu­rut dia, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kerap mengisyaratkan dukungannya ke­pada Prabowo. Sedangkan Golkar, Hashim mengaku, menjadi saksi saat elite Beringin itu menyatakan dukungannya untuk Prabowo. Bahkan, sebutnya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menemui Prabowo pada pekan lalu untuk menyatakan dukungannya.

Dari Golkar saya bisa katakan secara tidak resmi, Pak Airlangga, Pak Lodewi­jk, dan Pak Dito datang ke Pak Prabowo minggu lalu. Saya hadir, saya tidak ikut diskusi yang rinci karena waktu itu saya ikut rapat di ruangan lain," akunya.

Baca juga : Relawan Jokowi Se-Jatim Deklarasi Dukung Prabowo

Meski tak ikut diskusi secara lang­sung, Hashim mengklaim mereka mendukung Prabowo. Sebab, pada saat keluar dari diskusi, Airlangga dan para elite Golkar lain tersenyum bersama Prabowo. Bahkan, menurut dia, dukungan itu sudah disampaikan.

"Ternyata, mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo atas seizin dan restu dari Pak Jokowi. Itu saya bisa katakan. So, itu yang empat partai yang ada di Parlemen," ujarnya.

Lalu, apa kata PAN dan Golkar soal klaim Hashim itu? PAN membantah sudah memberikan dukungan ke­pada Prabowo. Ketua DPP PAN Saleh Daulay menegaskan, hingga kini belum ada keputusan resmi partai terkait memberikan dukungan kepada siapa di Pilpres 2024. "Masih lama," kata Saleh, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.