Dark/Light Mode

Hormati Golkar Dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar Ingatkan Peristiwa Tahun 2014

Minggu, 13 Agustus 2023 23:02 WIB
Hormati Golkar Dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar Ingatkan Peristiwa Tahun 2014

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo menghormati sikap Golkar dan PAN, yang baru saja menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto, sebagai bacapres 2024 dalam pemilu mendatang di Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta, Minggu (13/8).

"Dalam proses demokrasi, sebetulnya itu biasa saja. Saya sangat menghormati sikap masing-masing partai. Pasti, beliau sudah memberikan keputusan dan sudah punya catatan harus merapat ke mana. Jadi, saya sangat hormat atas keputusan yang diambil oleh partai. Siapa pun mereka, dan ke mana pun mereka," kata Ganjar dalam keterangan resminya, Minggu (13/8).

Saat ini, imbuhnya, semua partai sedang bernegoisasi. Jadi, kalau ada partai merapat ke salah satu titik, itu hak politik mereka.

Baca juga : PAN Dan Golkar Dukung Prabowo, Sahabat Ganjar Tak Gentar

Bagi yang sudah mendeklarasikan, ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk berkomunikasi secara baik. 

Menurut Ganjar, suasana saat ini masih sangat sehat sekali. 

"Jadi, menurut saya, itu biasa-biasa saja," ucap Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dua periode itu.

Baca juga : Pengamat: Dukungan Golkar Dan PAN Terhadap Prabowo Terkesan Terburu-buru

"Kisah ini pernah terjadi saat 2014, kalau tidak salah ya. Saat itu, yang mendukung lawannya Pak Jokowi itu juga sama, mereka berbondong-bondong ke sana. Kejadian ini kita catat dalam perjalanannya. Selalu ada dinamika yang berubah," tuturnya.

"Jadi, menurut saya, ini biasa saja. Saya ucapkan selamat bergabung. Ini suatu proses demokrasi yang biasa saja. Yang paling penting, bagaimana kita menjaga demokrasi ini berjalan dengan baik, dan apa yang harus kita bereskan dari persoalan bangsa dan negara ini," pungkas politisi kelahiran 28 Oktober 1968 itu.

Saat ini, Ganjar sudah mendapat dukungan resmi dari empat partai: PDIP, Hanura, Perindo, dan PPP.

Baca juga : Golkar-PAN Dukung Prabowo, PKB Ngotot Penentuan Cawapres Wewenangnya

Sementara Prabowo, didukung lima partai: Gerindra, PKB, PBB, Golkar dan PAN. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.