Dark/Light Mode

Prabowo Pakai Nama Koalisi Indonesia Maju

PDIP Nggak Sensi

Rabu, 30 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat (Foto: Khairizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
Imin Nggak Dikasih Tahu

Sementara itu, Cak Imin mengaku, tak dilibatkan dalam pemberian nama Koalisi Indonesia Maju. Cak Imin baru dikasih tahu setelah Prabowo selesai berpidato.

Cak Imin memang datang belakangan di antara para tamu undangan lain dalam acara HUT PAN itu. Wakil Ketua DPR ini, mengaku belum dapat memastikan nasib Koalisi Indonesia Raya saat ini usai Prabowo memberi nama Koalisi Indonesia Maju. Dia mengaku akan melaporkan hal itu terlebih dahulu ke internal partai.

Baca juga : Koalisi Prabowo Pakai Nama Indonesia Maju, PDIP: Mungkin Merasa Dekat Sama Jokowi

“Tentu, saya akan lapor ke partai bahwa perkembangannya sudah berubah. Berarti KIR dibubarkan dong? Nah, saya enggak tahu, saya akan melapor ke partai dulu,” kata Cak Imin.

Lalu, apa tanggapan Gerindra soal pernyataan Imin yang tak diberitahu perubahan koalisi? Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, saat berdialog dengan ketua umum partai mitra koalisi, hanya Imin yang belum datang. Kata Muzani, Prabowo sempat menunggu Imin saat nama itu sudah disepakati bersama Airlangga dan Zulhas.

Imin belum juga datang, sampai Prabowo ingin naik ke atas panggung memberikan sambutan. “Maka, ketika Pak Muhaimin sampai, dibisikkan apa yang sudah menjadi pembicaraan dari tokoh-tokoh tersebut,” tutur Muzani.

Baca juga : Jokowi: Muktamar Sufi Internasional Buktikan, Islam Indonesia Bukan Pinggiran

Lalu, apa kata pengamat soal perubahan nama koalisi Prabowo? Pengamat Politik dari Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, perubahan nama ini sebagai cara Prabowo menunjukkan ke publik sebagai Capres penerus Jokowi. Adi menilai, Prabowo saat ini sedang berupaya merebut simpati dan dukungan politik dari para pendukung Jokowi agar memilih dirinya, bukan calon lain.

Adi menilai, penggantian nama ini juga bentuk totalitas Prabowo kepada Jokowi. “Prabowo akan diuntungkan dengan mengasosiasikan diri sebagai penerus Jokowi,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 30/8/2023 dengan judul Prabowo Pakai Nama Koalisi Indonesia Maju, PDIP Nggak Sensi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.