Dark/Light Mode

Jokowi: Muktamar Sufi Internasional Buktikan, Islam Indonesia Bukan Pinggiran

Selasa, 29 Agustus 2023 13:29 WIB
Presiden Indonesia saat membuka Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8). (Foto: YouTube)
Presiden Indonesia saat membuka Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional memiliki arti yang sangat penting bagi Indonesia. Karena akan membuat Indonesia semakin dikenal, sebagai contoh Islam moderat.

Muktamar Sufi Internasional akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan.

Baca juga : Prabowo Tinjau Langsung Persiapan Muktamar Sufi Internasional Di Pekalongan

"Pelaksanaan muktamar punya arti yang sangat penting. Membuktikan bahwa Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran," kata Jokowi saat meresmikan Pembukaan Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).

Islam Indonesia, kata Jokowi, berkontribusi membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis.

Baca juga : Kemenperin Pastikan Industri Bukan Penyumbang Polusi Udara, Ini Alasannya

Muktamar ini mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf, thariqoh, serta mendekatkan tasawuf dan thariqoh kepada negara masing-masing.

Presiden ke-7 RI ini yakin, nilai-nilai luhur budaya Nusantara seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun, guyub, dan kearifan lainnya akan sepenuhnya mewarnai muktamar yang mulia ini.

Baca juga : Sikap Religius Rakyat Indonesia Panen Pujian

"Mari kita terus merawat kerukunan, toleransi, menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoax, terus berzikir dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini," tuturnya.

Jokowi berharap, muktamar ini akan menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia Islam. Menuntun umat Islam ke arah perbaikan dan kebaikan. Serta memberikan solusi di tengah krisis kemanusiaan, yang saat ini melanda dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.