Dark/Light Mode

Caleg NasDem: Perlindungan Hak Anak Kunci Penting Generasi Indonesia

Jumat, 22 September 2023 12:38 WIB
Calon Anggota Legislatif DPR RI Periode 2024-2029 dari Partai NasDem, Ade Fitrie Kirana. Foto: Istimewa
Calon Anggota Legislatif DPR RI Periode 2024-2029 dari Partai NasDem, Ade Fitrie Kirana. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ade Fitrie Kirana (AFK), artis yang juga Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPAA) menaruh perhatian terhadap perlindungan hak-hak anak dan jaminan kesehatan untuk semua lapisan masyarakat.

Lama berkiprah melayani masyarakat melalui Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPAA), ia menemui hak-hak anak masih kerap dilanggar.

"Indonesia mengadopsi Konvensi PBB untuk Hak-Hak Anak khususnya Pasal 19 yang jelas menyebut bahwa setiap anak berhak mendapat pengasuhan yang layak, dilindungi dari kekerasan, penganiayaan, dan pengabaian," kata Ade Fitrie Kirana dalam keterangannya, Jumat (22/9).

Juga, hak anak secara jelas telah dilindungi negara melalui Undang-Undang nomer 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang nomer 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca juga : Rencana Pilkada Dimajukan, PDI Perjuangan Dukung Penuh Penerbitan Perppu

Menjelang tahun politik pesta demokrasi Pemilu 2024, Ade Fitrie Kirana berpesan untuk tidak melibatkan anak di bawah umur dan yang belum memiliki hak pilih dalam acara politik.

"Tentu perlu kesadaran hukum, baik kepada calon legistatif dan partai politik untuk paham bahwa melibatkan anak-anak dan melibatkan orang yang tidak memiliki hak pilih dalam kampanye itu dilarang," kata Ade Fitrie Kirana yang dikenal luas publik sebagai bintang sinetron 'Islam KTP' di stasiun SCTV.

Ade Fitrie Kirana memandang perlu masalah layanan kesehatan menjadi perhatian para calon legislatif dan partai politik yang hendak berkontestasi pada Pemilu mendatang.

"Di negara demokrasi, Pemilu menjadi ajang pertarungan program. Dan program jaminan kesehatan bagi masyarakat ini penting untuk disimak," kata Ade Fitrie yang juga pernah membintangi sinetron Raden Kian Santang ini.

Baca juga : Bertemu Mendagri Brunei, Menaker Bahas Penempatan Pekerja Migran Indonesia

Menurutnya, pemerintah yang telah meluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi langkah maju yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melindungi dari beban finansial yang berlebihan akibat masalah kesehatan, dan mewujudkan akses kesehatan universal.

Ade Fitrie yang turut maju sebagai Calon Anggota Legislatif DPR RI Periode 2024-2029 dari Partai NasDem ini menuturkan, program layanan kesehatan ini penting untuk diteruskan dan terus ditingkatkan.

"Misalnya, pengadaan alat kesehatan yang menunjang kerja dokter dan tenaga medis di wilayah pelosok. Ini jelas penting, karena bagaimana dokter dapat melayani kesehatan kalau obat-obatan dan alat medisnya terbatas," lanjutnya.

Program perlindungan hak anak dan layanan kesehatan ini telah memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat, tetapi juga menghadapi tantangan yang harus diatasi.

Baca juga : 19 Perusahaan Australia Ikut Pameran Mining Indonesia

Dengan dukungan dan kerja sama semua pihak, Indonesia dapat terus memperbaiki sistem kesehatannya, memberikan perlindungan kesehatan dan meningkatkan kualitas kesehatan bagi seluruh penduduknya.

"Ini adalah langkah penting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," pungkas Ade Fitrie Kirana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.