Dark/Light Mode

Anis Matta Ajak Para Kiai Dan Ulama Doakan Prabowo Jadi Presiden RI

Minggu, 8 Oktober 2023 17:28 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta. (Dok. Partai Gelora)
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta. (Dok. Partai Gelora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengaku mendapatkan tambahan semangat baru dari ruh perjuangan KH Muhammad Ma'shum, ulama kharismatik di Tapal Kuda, pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso, Jawa Timur (Jatim).

Karena itu, tambahan semangat tersebut, akan digunakan untuk memenangkan Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Anis Matta saat menghadiri acara Silaturahim Kebangsaan yang mengambil tema "Peran Strategis Pesantren dalam Menjaga Kedaulatan NKRI", sekaligus Peresmian Auditorium KH Muhammad Ma'shum, Sabtu (7/10/2023).

Baca juga : Poros 9 Kiai Jawa Timur Doakan Yenny Wahid Jadi Cawapres 2024

"Setiap kali saya datang kesini, saya mendapatkan tambahan semangat baru dari ruh perjuangan KH Ma'shum. Dulu saya sering ke sini, ngobrol dengan beliau dan ada beberapa momen yang selalu saya ingat sampai sekarang, bahwa ulama itu juga harus kuat secara fisik," kata Anis Matta.

Dan suatu ketika KH Ma'shum, kata Anis Matta, datang ke Jakarta secara khusus menunjukkan fisik seorang ulama juga harus kuat, dengan melakukan push up 50 kali nonstop.

"Luar biasa tenaga beliau," katanya.

Baca juga : Bertemu KH Said Aqil Siroj, Ganjar Didoakan Jadi Presiden

Semangat lain yang didapat dari KH Ma'shum, adalah ulama itu juga harus dermawan.

KH Ma'shum mengajarkan tradisi ulama dahulu seperti Abu Hanifah, seorang ulama juga haruslah pengusaha.

"Ketika beliau berobat di pusat kota Kuala Lumpur, saya dengan Pak Fahri Hamzah menjenguk beliau. Saat kita makan siang, setelah makan kita mau bayar dicegah sama beliau. Kata beliau, kamu disini tamu saya dan saya yang paling tua, saya yang bayar. Jadi kita mendapatkan pengalaman bagaimana seorang ulama itu, yang juga seorang dermawan," ujarnya.

Baca juga : Silahturahmi Dengan Pimpinan Ponpes Se-Cianjur, Ganjar Didoakan Jadi Presiden RI

Bahkan diakhir hayatnya, lanjut Anis Matta, KH Ma'shum juga masih menunjukkan kekuatan fisiknya, dengan menghadiri undangan acara-acara keumatan, meski dihidungnya sudah dipasang selang untuk membantu pernafasannya.

"Jadi beliau telah mengajarkan kepada kita semua, bahwa ulama itu harus kuat fisiknya dan juga seorang dermawan. Beliau ini mirip dengan serang ahli hadist bernama Abdullah ibnul Mubarak. Beliau adalah ulama dan mujahid, fisiknya demikian kuatnya hingga akhir hayatnya dalam keadaan sakit tetap menghadiri acara-acara keumatan," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.