Dark/Light Mode

Pelantikan RI 1-RI 2, 20-10, 14.30, Demo Dilarang !

Selasa, 15 Oktober 2019 07:24 WIB
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (kanan) dan KH Maruf Amin. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (kanan) dan KH Maruf Amin. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
Untuk pengamanan pelantikan ini, 30 ribu personel gabungan TNI-Polri akan disiagakan. Puluhan ribu aparat keamanan itu akan menyisir ring 1 dan ring 2.

Puan Maharani menegaskan, akan dilakukan sterilisasi di kawasan Gedung Parlemen.

“Kami siap bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak keamanan agar pelaksanaan pelantikan Pre siden dan Wakil Presiden dapat ber jalan lancar,” ujar Puan.

Bagaimana dengan sikap mahasiswa? Ketua Dewan Mahasiswa UIN Jakarta, Sultan Rifandi, menyatakan, belum ada kesepakatan antara para mahasiwa apakah akan turun atau tidak pada 20 Oktober.

Baca juga : Minta Pimpinan MPR Jadi 10, PPP Dilawan Kawan

“Belum ada kesepakatan,” ujar nya, kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Sekali pun begitu, dia mengkritik diskresi Polda Metro Jaya yang tidak akan mengeluarkan izin demo mulai hari ini hingga hari Minggu mendatang.

“Demonstran bukan teroris, kritik kebijakan wajib dilakukan. Sikap parno dan berlebihan tak semestinya dilakukan kepada mahasiswa.

Kalau pemerintah bekerja dengan baik, kami akan apresiasi, namun jika keadaannya seperti ini pasti akan kami kritisi,” tegasnya.

Baca juga : Tentukan Idul Fitri 2019, Kemenag Gelar Sidang Isbat Senin Depan

Untuk diketahui, mahasiswa dari beberapa universitas mengancam bakal melakukan demo jika Presiden Jokowi tidak meneken Perppu KPK.

UU KPK yang disahkan DPR lewat Sidang Paripurna pada 17 September lalu ini akan berlaku pada 17 Oktober.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, berharap dalam waktu yang tersisa dua hari ini, tidak ada lagi gelombang penolakan lewat demo.

“Mudah-mu dahan tidak ada demo-demo. Bisa di sampaikan dengan baik dengan damai,” ujarnya, di Surabaya, kemarin.

Baca juga : Rajin Ketemu Bos Parpol, Prabowo Sulit Ditebak

Basaria memastikan, sebagai pelaksana Undang-Undang, KPK tetap bersemangat dan melakukan tugasnya seperti biasa. Dengan atau tanpa Perppu.

“Prinsipnya, kami tetap semangat bekerja apa pun itu. Kami pelaksana,” tegas pensiunan jenderal polisi bintang dua itu.  [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.