Dark/Light Mode

Jelang Munas Golkar 2019

Airlangga Sudah Kantongi Dukungan Mayoritas

Minggu, 1 Desember 2019 16:43 WIB
Plt Ketua Partai Golkar DKI Jakarta, Rizal Mallarangeng (Foto: Istimewa)
Plt Ketua Partai Golkar DKI Jakarta, Rizal Mallarangeng (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Musyawarah Nasional (Munas) Golkar yang akan dihelat pada 3-6 Desember mendatang, Airlangga Hartarto kian mengokohkan diri sebagai calon ketua umum alias caketum.

Plt Ketua Partai Golkar DKI Jakarta, Rizal Mallarangeng bahkan optimis, Airlangga bakal terpilih kembali. 

"Airlangga Hartarto sudah mengantongi dukungan mayoritas. Dia akan terpilih kembali menjadi Ketum Golkar. Insya Allah," Rizal dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/12).

Baca juga : Panitia Munas Golkar Rampungkan Persiapan

Mengenai kritikan yang dilontarkan oleh kubu Bambang Soesatyo (Bamsoet), misalnya soal Plt (Pelaksana Tugas) Ketua di berbagai daerah, termasuk DKI Jakarta, Rizal Mallarangeng menjawab dengan ringan.

“Kritik seperti itu dicari-cari. Plt itu bukan orang, tapi lembaga. Sejauh prosedur penetapannya sah, ya tidak ada masalah. Hak suaranya tidak berbeda dengan ketua definitif," jelas Rizal. 

Lagi pula, kata Rizal, di DKI Jakarta, pihaknya sudah mengadakan rapat pleno. Hasilnya  dukungan bulat buat Airlangga.

Baca juga : Askrindo Salurkan Dana Sosial & Bina Lingkungan

"Keputusan inilah yang kami bawa ke Munas. Jadi, tidak sembarangan, tetapi terlembaga. Bukan orang, tapi organisasi. Itu esensinya," tegas Rizal.

Mengenai masa jabatan Plt yang berkepanjangan, Rizal berkata bahwa hal itu harus dilihat pada konteksnya. “Saya ditunjuk menjadi Plt Ketua DKI, saat kampanye Pemilu akan dimulai. Konsentrasi kita ke sana. Bukan kompetisi internal. Setelah Pemilu, kami rapat pleno, dan diputuskan bahwa Musda DKI akan diadakan pada 2020. Jadi urutannya bagus, Munas dulu, baru Musda," terang Rizal.

"Semua keputusan itu bukan sesuatu yang subyektif, atau ide orang per orang. Ia adalah keputusan organisasi, yang bersifat kolektif kolegial. Itu yang perlu dimengerti," imbuhnya.

Baca juga : Fokus Sukseskan Munas, Airlangga Larang Kader Golkar di DPR ke Luar Kota

Rizal mengajak seluruh kader Golkar, untuk menyambut Munas dengan penuh kegembiraan dan suasana persahabatan.

“Kompetisi adalah hal yang biasa. Malah bagus. Tapi, ia harus menjadi proses yang membesarkan partai. Bukan memecah-belah. Golkar partai besa. Kita harus membuatnya lebih besar lagi, bersama-sama," pungkas Rizal. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.