Dark/Light Mode

Fokus Urus Banjir

Banteng Tunda Umumin 44 Calon Kepala Daerah

Kamis, 9 Januari 2020 08:28 WIB
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (lima kanan) didampingi Ketua DPP PDIP Sukur Nababan (tengah) memberikan konferensi pers Rakernas I di DPP PDIP di Jakarta, Rabu (8/1) siang.
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (lima kanan) didampingi Ketua DPP PDIP Sukur Nababan (tengah) memberikan konferensi pers Rakernas I di DPP PDIP di Jakarta, Rabu (8/1) siang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya menunda pengumuman 44 calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020. Se-yogyanya, 44 cakada itu akan diumumkan dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta. 

“Rencana mengumumkan 44 pasangan calon kami tunda, mengingat mendesaknya aspek kemanusiaan untuk rakyat. Kebijakan pro untuk lingkungan ini kami kedepankan,” kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, kemarin. 

Kata Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan arahan agar di forum Rakernas agar PDIP fokus mendalami isu-isu lingkungan akibat banjir awal tahun yang melanda wilayah Jabodetabek ini. Isu-isu itu diharapkan akan menjadi bagian dari visi dan misi calon kepala daerah usungan PDIP nanti. 

Baca juga : Sambangi Korban Banjir, Bamsoet Beri Bantuan dan Makan Bersama

“Ketika terjadi banjir di Jakarta dan kita melihat aspek-aspek perecanaannya tidak proper, tapi ini adalah ibu kota negara kita dan kami mengambil inisiatif sesuai arahan Ibu Megawati Soekarnputri agar Rakernas menaruh perhatian terhadap hal itu. Komitmen terhadap lingkungan juga menjadi visi misi dari seluruh calon kepala daerah yang diusung PDIP,” jelasnya. 

Sebelumnya, PDIP menyatakan akan mengumumkan 44 cakada yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020 dalam Rakernas yang digelar 10-12 Januari 2020. 

“Ada kemungkinan untuk umumkan di dalam Rakerna sehingga calon-calon kepala daerah yang diusung PDIP akan menambah seluruh kekuatan perubahan,” kata Hasto, Senin (23/12). 

Baca juga : Tanggap Bencana Banjir Bandang di Sigi, Pertamina Salurkan Bantuan

Kata Hasto, partai akan melihat momentum untuk mengumumkam beberapa daerah yang sudah siap menggelar pilkada.“Hanya momentum untuk mengumumkan apakah dalam Rakernas atau di luar Rakernas nanti kami akan pertimbangkan dengan seksama,” katanya. 

Rakernas I nanti juga akan membahas strategi pemenangan Pilkada 2020 berserta visi-misi kepala daerah yang akan dipersiapkan partai. 

Menurutnya, partai memiliki tanggung jawab dalam prosesi pencalonan pasangan kepala daerah. “Harus ada kesatuan gerakan, harus ada kesatuan di dalam semangat berdikari harus ada satu komitmen di dalam mewujudkan jalan kemakmuran dan itu sekali lagi berakar kuat pada kebudayaan kita berakar kuat dari apa yang kita miliki sebagai bangsa,” katanya. 

Baca juga : KPK Diminta Pastikan Nasib Pejabat Lain

Diketahui, pemungutan suara Pilkada 2020 digelar secara serentak pada September nanti. Total daerah akan menggelar pilkada sebanyak 270 daerah. Rinciannya 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.