Dark/Light Mode

Lempar Kursi Jadi Parodi TikTok

PAN Diejek Pegawai Hotel

Kamis, 13 Februari 2020 06:33 WIB
Potongan gambar video TikTok parodi Kongres PAN. (Foto: Tangkapan layar)
Potongan gambar video TikTok parodi Kongres PAN. (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerusuhan di Kongres V PAN yang berujung aksi lempar kursi dijadikan bahan ejekan. Para pegawai hotel tempat kongres itu digelar, membuat parodi di TikTok tentang kerusuhan itu. 

Video berdurasi 15 detik itu dibuat akun TikTok @idilbetespongsimp. Kemudian, jadi viral dan menyebar di sejumlah media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, sampai broadcast WhatsApp. 

Dalam video itu, tampak sejumlah pria mengangkat-angkat kursi berwarna kuning di sebuah ballroom hotel, seperti mau dilempar. Ternyata, kursi-kursi itu malah dipantulkan, sembari mereka berjoget-joget lucu. 

Baca juga : Kasus Nurhadi, KPK Garap Biro Kepegawaian MA

Memang tidak disebutkan lokasi pembuatan video itu. Namun, kemungkinan besar para pegawai itu adalah karyawan Hotel Claro, Kendari, tempat Kongres V PAN digelar. Hal itu terlihat dari lokasi pengambilan video yang identik dengan lokasi kongres. Motif karpet dan warna kursi dalam video itu, yakni kuning, sama seperti foto dan video Kongres PAN yang beredar. Kursi-kursi di ballroom pun tampak berantakan susunannya, seperti bekas dipakai acara. 

Kongres PAN memang sempat diwarnai kericuhan pada Selasa kemarin. Pendukung antar calon saling lempar botol dan kursi hotel. Akibatnya, beberapa orang mengalami luka-luka dan memar di bagian kepala. Koordinator Lapangan Pemenangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais, Muh Asri Anas, mengatakan kericuhan dipicu pendukung Zulkifli Hasan yang tidak mau melakukan verifikasi. 

Kericuhan ini juga banyak di bahas di medsos. Salah satu kader PSI, Guntur Romli, mengunggah ulang video parodi ini di akun @GunRomli, kemarin pagi. Ia juga menyebut, yang terekam dalam video satire tersebut adalah para pekerja hotel. 

Baca juga : Jatim Jadi Provinsi Terbaik Di Program Inovasi Desa

“Pekerja-pekerja hotel ini kreatif, kritis, dan cerdas, politisi-politisi PANyang lempar-lempar kursi dijadikan bahan ledekan, reaksi publik yang cerdas. Makanya jangan anggap mereka bodoh & pasif, ini perlawanan yang keren,” cuit Guntur. 

Akun fanspage Twitter bernama @PolJokesID juga membagikan postingan video parodi dengan caption bertuliskan “Video after party”. Video yang dibagikan berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 1.000 like dan 650 retweet dalam waktu kurang dari satu hari. Warganet pun membanjiri kolom komentar di akun itu. “After chaos, comes joy,” cuit @dionaufalkk. 

Akun @ngonowaelah bertanya, kira-kira, PAN malu atau malah bangga ya dibikinin parodi begitu. “Bangga apa malu kalau di tik tokin ya?” tanya dia. Akun @AbdViking menyambar. “Ini yang bikin juaraaa. Jleb ma mukenye jukipli,” komentarnya merujuk pada Ketum PAN Zulkifli Hasan. 

Baca juga : Kemendagri: Santri adalah Tiang Negara

Sementara, akun @stealth_cupz menyebut, versi parodi kerusuhan Kongres PAN itu jauh lebih bermanfaat ketimbang peristiwa aslinya. Soalnya, lucu dan menghibur. “Anjeerrr...ini malah lebih bermanfaat bagi nusa dan bangsa daripada yang versi sebenarnya,” kicaunya. 

Yang lain juga memuji para pegawai hotel yang menghibur. “Pegawai hotel yang jenaka,” cuit @TolakBigotRI. “Daripada kesel hotel mereka diporak porandakan, mending Tiktokan deh,” sambung @arlandilandjono. 

Akun @yanchand menyatakan bangga pada warga negara Indonesia yang menyelesaikan konflik dengan humor. “Bangga aku kepada negaraku ini... Emang konflik harus diselesaikan!!!! Tidak ada jalan lain salah satunya dengan humor..! Salut!” celotehnya. “Indahnya+62,” imbuh henny31995426. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.