Dark/Light Mode

Bicara Via Rekaman Video

Jokowi Minta PAN Perkuat Reformasi

Minggu, 23 Agustus 2020 15:14 WIB
Presiden Jokowi berbicara via rekaman video di acara HUT ke-22 PAN, Minggu (23/8). Foto: Sophan Wahyudi/RM
Presiden Jokowi berbicara via rekaman video di acara HUT ke-22 PAN, Minggu (23/8). Foto: Sophan Wahyudi/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang tengah memperingati hari jadi yang ke-22. Melalui sebuah rekaman video, Presiden berpesan agar bersama memperkuat reformasi, dan melakukan langkah-langkah extraordinary.

“Kita harus memperkuat reformasi. Melakukan langkah-langkah extraordinary. Langkah-langkah perubahan-perubahan fundamental,” ujar Jokowi melalui video di jejaring Youtube akun Sekretariat Presiden, Minggu (23/8).

Baca juga : Menteri Agama Minta LDII Terus Perkuat Toleransi

Jokowi mengingatkan, PAN lahir sebagai buah reformasi. Sebuah era kebangsaan yang sepakat memulai langkah baru. Langkah extraordinary. Semangat reformasi ini, menurutnya sangat relevan dalam situasi saat ini. Situasi krisis kesehatan, dan ekonomi akibat pandemi covid-19.

“Memanfaatkan momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan. Tetapi, reformasi sekarang ini tidak mudah karena sudah tahu banyak orang yang menikmati situasi yang enak dan nyaman,” katanya.

Baca juga : Ini Pesan Trump Ke Jokowi Di Hari Kemerdekaan RI

Pasca reformasi, menurut Presiden, ada banyak orang yang sudah lama menikmati zona nyaman. Nyaman secara ekonomi maupun status. Sehingga, merasa terusik jika terjadi sebuah perubahan. Untuk mengatasi ini, diperlukan ruang kompetisi sehat untuk semua bidang.

“Kita jangan takut dengan kompetisi, dan jangan takut bersaing. Oleh sebab itu, harus kita ambil peluang momentum krisis ini untuk melakukan lompatan,” semangatnya.

Baca juga : Sidang Tahunan MPR, Jokowi Bicara Reformasi Kesehatan

Presiden menyemangati, saat ini adalah kesempatan mengejar ketertinggalan. Di saat banyak negara maju mengalami kemunduran. Kesempatan untuk membenahi berbagai  kelemahan fundamental. Kesempatan untuk mengeksekusi strategi-strategi besar negara.

“Saya percaya PAN sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang jalankan. Kita harus bergerak serentak mendobrak semua tantangan dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary. Untuk melakukan lompatan kemajuan menuju Indonesia maju yang kita citakan,” tutupnya. [BSH]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.