Dark/Light Mode

Banyak Negara Alami Resesi

Saatnya Kita Perkuat Konsep Berdikari

Selasa, 11 Agustus 2020 20:36 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menilai, semua negara di belahan dunia kewalahan menghadapi dampak pandemi Covid-19. Bahkan, banyak negara kini mengalami resesi ekonomi.

"Tak ada satu negara yang memiliki buku panduan khusus bagaimana menghindari pandemi Covid-19. Kalau bahasa tasawufnya, hanya bergantung pada Allah Subhanahuwataala," ungkap Gus Jazil-sapaan akrab Jazilul dalam Diskusi 4 Pilar yang digelar di Media Center, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kata Pendukungnya, Anies Tak Tergiur Jadi Presiden

Namun begitu, Politikus dari PKB itu menekankan, segala usaha harus tetap dilakukan. Dia berpandangan, dengan situasi ekonomi dunia yang tidak pasti, konsep paling tepat dan ada kepastian yakni menerapkan cara hidup berdikari. 

Menurutnya, Indonesia memiliki modal untuk berdikari sebab negeri ini memiliki sumber daya alam (SDA)  dan memiliki potensi. Indonesia mempunyai kekuatan di sektor pangan, energi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).  Semua kekuatan itu perlu dioptimalkan.

Baca juga : OJK Pastikan Kondisi Bank Nasional Sehat

"Bangsa ini bisa menggunakan kekuatan internal, baik itu sumber daya manusia dan SDA, untuk menghadapi dampak Covid-19,"  tuturnya. Dia menekankan, pafa masa seperti saat ini,  harus berpikir out of the box.  “Jangan teks book,” cetusnya.

Menurutnya, bila masih berpikir teks book maka bangsa ini tidak akan menemukan solusi.  "Adanya perlambatan penyerapan anggaran karena di antara kita masih ada yang berpikir secara teks book," pungkasnya. (QAR/TIM)

Baca juga : Negara Lain Resesi, Kita Belum Tentu Ya...

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.