Dark/Light Mode

Kampanyekan Penggunaan Masker

Jokowi Minta Ibu PKK Terjun Langsung, Istri Mendagri Jadi Komandan

Senin, 3 Agustus 2020 12:15 WIB
Kampanyekan Penggunaan Masker Jokowi Minta Ibu PKK Terjun Langsung, Istri Mendagri Jadi Komandan

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menilai, masyarakat semakin menunjukkan kekhawatiran yang tinggi terhadap Covid-19. Entah karena kasusnya meningkat, atau karena jumlah orang yang tidak melaksanakan protokol kesehatan semakin banyak.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Terbatas "Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional" di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8).

"Kita tahu, sampai kemarin, sudah lebih dari 111 ribu kasus Covid, dengan fatality rate sebesar 4,7 persen. Angka kematian di Indonesia ini lebih tinggi 0,8 persen dibanding angka kematian global. Ini menjadi PR besar kita bersama," papar Jokowi.

Baca juga : Mantu Jokowi Vs Petahana, Siapa Akan Jadi Pemenang?

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi recovery rate atau tingkat kesembuhan Covid-19 di Indonesia, yang kini telah mencapai angka 61,9 persen. Angka itu dinilainya cukup baik.

Karena itu, Jokowi ingin agar protokol kesehatan dan perubahan perilaku di kalangan masyarakat harus betul-betul menjadi perhatian. Agar kasus Covid bisa dikendalikan, dan ditekan laju penyebarannya.

"Dalam dua minggu ini, kita fokus kampanye pakai masker. Dua minggu berikutnya, kampanye jaga jarak atau cuci tangan. Tidak dicampur urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker kalau barengan,” katanya.

Baca juga : Bupati Kutai Timur dan Istrinya Resmi Jadi Tersangka KPK

Menurut Jokowi, kampanye yang bersamaan akan sulit ditangkap atau diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Mungkin, yang menengah atas bisa ditangkap dengan cepat. Tapi yang di bawah ini, menurut saya perlu satu persatu,” katanya.

Untuk memasyarakatkan penggunaan masker, Jokowi mengimbau PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan kaum ibu, untuk terjun langsung secara door to door.

Baca juga : Jokowi Cek Pembangunan Irigasi Petani Di Batang

“Saya ingin, ini melibatkan PKK. Nanti, istri Mendagri..Kalau ibu-ibu khawatir mengenai masalah Covid, mungkin akan kita rem. Tapi kalau siap, ini akan sangat efektif untuk door to door urusan masker,” papar Jokowi.

Istri Mendagri Tito Karnavian, yaitu Tri Suswati, merupakan Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK 2019-2024. Menggantikan Erni Guntarti, yang merupakan istri Mendagri sebelumnya, yaitu Tjahjo Kumolo.

Jokowi juga menegaskan, perubahan perilaku masyarakat harus benar-benar didorong dengan kampanye dan komunikasi masif melalui televisi hingga media sosial selama dua pekan dengan cara yang berbeda-beda. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.