Dark/Light Mode

Usulkan PT 7 Persen

Partai NasDem Siap Tidak Lolos Senayan

Jumat, 13 November 2020 06:33 WIB
Usulkan PT 7 Persen Partai NasDem Siap Tidak Lolos Senayan

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengusulkan angka ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) dinaikkan menjadi 7 persen.

Hal ini bertujuan demi mewujudkan pelembagaan demokrasi yang matang dan berkualitas bagi politik Indonesia. Hal itu ditegaskan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pidato HUT ke-9 Partai NasDem, di Akadem Bela Negara, Jakarta.

“Saat ini Partai NasDem menawarkan kenaikan parliamentary threshold dari apa yang sudah kita miliki 4 persen saat ini, dinaikkan menjadi 7 persen,” ujarnya.

Baca juga : Memaknai Hari Pahlawan, Pejuang Bulutangkis Indonesia Tidak Lahir Secara Instan

Surya menyadari, usulan ini akan mendapatkan banyak kritikan dari banyak pihak. Bahkan, Surya tidak menampik, jika usulan ini dinilai sejumlah pihak sebagai upaya yang main-main dari Partai NasDem.

“Sesungguhnya dan sejujurnya saya tegaskan, tidak. Itu adalah upaya sungguhsungguh dengan kesadaran sepenuhnya ada di dalam diri saya sebagai ketua umum partai,” ujarnya.

Kenaikan ambang batas parlemen menjadi 7 persen, kata Surya, dibutuhkan untuk menyederhanakan kehidupan partai politik Indonesia. Agar pendekatannya tidak lagi berdasarkan aspek kuantitatif, tapi lebih melakukan pendekatan kualitatif.

Baca juga : Satpol PP Siagakan 165 Personel Kawal Aksi Demo Di Kedubes Prancis

“Bahkan Partai NasDem menginisiasi untuk melakukan amandemen undang-undang dasar yang terkait keserentakan Pemilu Legislatif dan Pilpres (Pemilu Presiden -red). Ini adalah hasil evaluasi dan refleksi partai terhadap mekanisme pemilu yang sudah kita jalani bersama,” ujar Surya.

Jika hal tersebut terealisasi, Partai NasDem siap menerima konsekuensi jika mereka tak lolos ambang batas parlemen 7 persen.

Asalkan, kehidupan berpolitik di Indonesia dapat lebih baik di masa depan. Iklim politik yang menjunjung tinggi konstitusi dan berkomitmen pada kesepakatan bersama sebagai sebuah bangsa.  [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.