Dark/Light Mode

Gelar Konsolidasi Relawan Kemanusiaan

Anis Matta: Agenda Pelayanan Jadi Agenda Strategis Partai Gelora

Selasa, 26 Januari 2021 20:01 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta (kanan) mendapatkan laporan terkini berupa live report dari lokasi bencana oleh relawan-relawan Partai Gelora Indonesia. (ist)
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta (kanan) mendapatkan laporan terkini berupa live report dari lokasi bencana oleh relawan-relawan Partai Gelora Indonesia. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gelora menggelar Konsolidasi Nasional bertajuk Live Report Relawan Kemanusiaan dalam rangka penanggulangan bencana di lokasi terdampak, Senin 25 Januari 2021.

Acara konsolidasi tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Anis Matta, Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah, Sekretaris Jenderal Mahfud Siddiq, Ketua Bidang Pelayanan Masyarakat Styandari serta Pimpinan DPN lain dan Ketua-Ketua DPW Partai Gelora seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut, Pimpinan DPN juga mendapatkan laporan terkini berupa live report dari lokasi bencana oleh relawan-relawan partai gelora Indonesia.

Baca juga : Kolaborasi Pregnancy Plus dan Alodokter Tingkatkan Pelayanan Medis di Indonesia

Dr. Atlin Massinasi, M.Surv, Pakar Gemorfolgi Tektonik Universitas Hasanuddin, yang didaulat untuk menjeleskan perspektif kebencanaan di Indonesia menyatakan bahwa Pemerintah wajib, termasuk Partai Politik supaya mendorong lahirnya kebijakan berupa peraturan berkaitan penataan ruang pada jalur dan zona sesar aktif.

"Pada jalur sesar aktif misalnya dilarang mendirikan bangunan. Peruntukan ruang untuk, ruang terbuka hijau, taman, tempat parkir, jalan dan peruntukan lainnya selain untuk bangunan" tambah Ketua Himpunan Ahli Geologi Indonesia dua periode ini.

Dalam arahannya kepada seluruh fungsionaris Partai, Anis Matta menyatakan bahwa lini pelayanan akan menjadi agenda strategis Partai Gelora, baik yang sifatnya tanggap darurat maupun jenis pelayanan yang lainnya.

Baca juga : Polisi Siapkan 500 Alat Tes Antigen Di Perbatasan Jakarta Timur

"Akan ada 4 agenda besar Partai Gelora yang akan menjadi konsen kita dalam waktu dekat yaitu agenda pelayanan seperti penanggulangan bencana ini dan lainya adalah pembinaan, pemberdayaan dan pembelaan" Jelas Anis Matta.

Seperti diketahui beberapa waktu terakhir terjadi berbagai bencana melanda berbagai wilayah Indonesia dan Partai Gelora sendiri terlibat aktif dalam berbagai upaya penanggulangan dampak bencana, terutama Gempa Bumi Majene dan Mamuju Sulbar, Banjir di Manado Sulawesi Utara, Banjir dan Longsor di Jawa Barat serta Banjir di Kalimantan Selatan.

Banyak bencana alam yang terjadi secara beruntun ini menjadi perhatian khusus bagi Partai Gelora Indonesia kedepan, terlebih lagi bencana terjadi bersamaan dengan munculnya musibah pandemi covid-19.

Baca juga : Pertashop Berbagi Promo dan Kejutan Kepada Pelanggan Setia di HUT Pertamina Ke-63

"Indonesia akan menjadi salah satu negara yang mengalami bencana paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Ini akan menjadi kombinasi yang buruk: Bencana Alam, Pandemi Covid dan Krisis Ekonomi. Mudah-mudah dengan melembagakan 4 agenda strategis tadi, kita tidak hanya membantu masyarakat tapi juga melibatkan semua pihak untuk berkolaborasi," tambah Anis Matta.

Prinsip Kolaborasi akan menjadi prinsip utama dalam kerja penanggulangan bencana ini seperti yang sudah dilakukan oleh Blue Helmet, beserta lembaga NGO dan aparat pemerintah di berbagai daerah bencana. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.