Dark/Light Mode

Survei Roy Morgan

Kaum Hawa Condong Ke Jokowi, Kaum Pria Condong Ke Prabowo

Rabu, 3 April 2019 18:27 WIB
Capres 01 Jokowi (kedua kiri) dan Capres 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dalam acara Debat Capres Jilid 4 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Capres 01 Jokowi (kedua kiri) dan Capres 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dalam acara Debat Capres Jilid 4 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua minggu jelang coblosan Pilpres 2019, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih tetap teratas. Hal ini dibuktikan oleh hasil riset sejumlah lembaga survei. Termasuk, yang dirilis oleh Roy Morgan. Tanpa menyebut pasangan cawapres, lembaga survei asal Australia ini menyebutkan, elektabilitas Jokowi ada di angka 56,5 persen. Sedangkan Prabowo 43,5 persen. 

Secara umum, suara Jokowi unggul di pedesaan dengan angka 63 persen. Sedangkan suara Prabowo di pedesaan, hanya 37 persen. Di wilayah perkotaan, Jokowi mendulang suara 51,5 persen. Sedangkan Prabowo 48,5 persen. 

Baca juga : Di Jabar, Jokowi Unggul 1 Persen Dari Prabowo

Mayoritas pemilih Jokowi ada di wilayah Jawa Timur dan Bali (78 persen), serta Jawa Tengah dan Yogyakarta (66 persen). Sedangkan dominasi suara Prabowo ada di Sulawesi (61 persen) dan Kalimantan (59,5 persen).

Berdasarkan analisis gender, Roy Morgan menyimpulkan jumlah pendukung perempuan yang mendukung Jokowi meningkat dibanding bulan lalu. Pada Maret 2019, jumlah perempuan pendukung Jokowi naik 2 persen menjadi 60 persen. Sedangkan perempuan pendukung Prabowo, turun 2 persen menjadi 40 persen. 

Baca juga : Lembutnya Di Jokowi Kerasnya Di Prabowo

Pada bulan yang sama, jumlah laki-laki pendukung Jokowi turun 3 persen menjadi 53,5 persen . Sedangkan jumlah laki-laki pendukung Prabowo, naik 3 persen menjadi 46,5 persen. 

Dari sisi usia, pendukung Jokowi dominan di usia 25-34. Angkanya naik 1,5 persen menjadi 62 persen. Di rentang usia itu, pendukung Prabowo tercatat hanya 38 persen, atau turun 1,5 persen. Suara Prabowo unggul di rentang usia 17-24 tahun. Angkanya naik 2 persen menjadi 50 persen. Di rentang usia ini, suara Jokowi turun 2 persen sejak Februari 2019, menjadi 50 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.