Dark/Light Mode

Foto Erdogan Dukung Prabowo, AFP: Hoax

Senin, 8 April 2019 10:29 WIB
Foto editan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dukung pasangan capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Foto: Turnbackhoax)
Foto editan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dukung pasangan capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Foto: Turnbackhoax)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beredarnya foto Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghebohkan dunia maya. Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP) tertarik untuk menelusuri kebenaran foto tersebut.

Foto Erdogan yang beredar di Facebook itu memperlihatkan sedang menunjukkan salam dua jari ciri khas salam pendukung pasangan capres Prabowo-Sandiaga Uno. Dalam foto tersebut Erdogan juga mengenakan baju yang ada gambar angka 02. Di sudut kanan foto ada logo Prabowo-Sandi dan di sudut kiri ada tanda tangan dan nama Erdogan.

Baca juga : Tentang Kampanye Prabowo, SBY Cinta Apa Waswas?

Karena penasaran, AFP pun langsung mengeceknya melalui Google reverse image. Dan, hasilnya ternyata foto tersebut palsu alias hoax. “Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di pilpres," seperti dikutip dari AFP Fact Check.

Berdasarkan hasil penelurusan AFP, foto itu aslinya adalah foto Sandiaga Uno sedang naik pesawat bersama Anggota DPR dari Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya pada 2 Februari 2019. Nah, foto Sandiaga di sana kepalanya diganti kepala Erdogan. Sedangkan foto Teuku Riefki dihapus.

Baca juga : MUI Anggap Prabowo Lebay

Yang membuat ketahuan foto itu hoaxs adalah dari baju yang ada nomor urut 02 juga gelang yang dipakai oleh Sandiaga Uno serta posisi salam dua jarinya. Sementara gambar asli Erdogan berasal dari foto terbitan majalah Forbes, namun gambar itu telah di edit juga. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.