Dark/Light Mode

Hari Ini Kampanye Putihkan GBK

Erick: Ekor Massa Sampai Bundaran Hotel Indonesia

Sabtu, 13 April 2019 07:01 WIB
Capres 01 Joko Widodo menyapa ribuan pendukungnya di Kota Solo beberapa hari kemarin. (Foto: IG@erickthohir)
Capres 01 Joko Widodo menyapa ribuan pendukungnya di Kota Solo beberapa hari kemarin. (Foto: IG@erickthohir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kampanye akbar Paslon 01 Jokowi-Amin di Gelora Bung Karno hari ini bakal meriah. Massa yang hadir ditargetkan bisa mencapai 1 juta orang. Ada yang di dalam GBK, ada yang berada di Jalan Sudirman-Thamrin.

Kemarin, Jumat (12/4) Tim Kampanye Nasional (TKN) mengecek persiapan kampanye akbar di GBK. Selain gedung, TKN juga mendata bantuan yang diberikan oleh masyarakat.

Ketua TKN Erick Thohir mengatakan, antusias masyarakat terkait kampanye akbar ini cukup tinggi. Salah satunya, banyaknya bantuan yang dikirim pada TKN untuk dibagikan saat kampanye.

Sumbangan yang datang sangat beragam. Paling banyak untuk keperluan konsumsi. Mayoritas berupa roti dan air mineral dalam botol. Untuk air mineral, kata Erick, jumlahnya sudah mencapai 1 juta botol. Sementara yang berupa snack, yang terkumpul sudah mencapai ratusan ribu.

“Sumbangan swadaya dari rakyat yang tak henti hingga detik ini. Jangan dilihat dari jumlah atau nominalnya, tapi arti sumbangan itu yang begitu besar bagi kami,” ujarnya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (12/4).

Baca juga : Mulan Jameela Salam Dua Jari Bareng Emak-Emak

Erick memprediksi, kampanye akbar Jokowi-Ma’ruf akan dihadiri satu juta massa. Titik acara di GBK. Tapi diperkirakan massa akan memadati sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Menurutnya, partisipasi masyarakat ini menunjukkan Jokowi-Ma’ruf sangat dicintai oleh rakyat. Sehingga tidak perlu ada mobilisasi massa dengan iming-iming tertentu.

“Atas nama seluruh panitia, relawan, dan tim kampanye nasional dan daerah, saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan yang luar biasa dan tak henti hingga kini,” tuturnya.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mempersilahkan siapapun boleh menghadiri Konser Putih di GBK. Keterbukaan ini merupakan cerminan bahwa kampanye akbar terbuka dari berbagai macam suku, agama, dan status sosial.

“Tapi ada syarat yang harus dipatuhi. Yaitu para orang tua tidak boleh membawa anak-anak,” tuturnya.

Baca juga : Jokowi Masuk Kandang Prabowo, Prabowo Masuk Kandang Jokowi

Untuk target peserta, Hasto tidak ingin sesumbar dengan mengatakan satu juta orang akan berkumpul di GBK.

Dia menyinggung capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut sejuta orang menghadiri kampanye akbar mereka.

“Kalau kita lihat kapasitas GBK dari manapun menghitung kapasitas GBK itu hanya 160.000 orang,” terangnya.

Selain itu, para kader dan simpatisan partai pendukung juga akan meramaikan GBK. Begitu juga kelompok relawan yang selama ini mendukung Jokowi-Ma’ruf. Juga diikuti semua ketum parpol pendukung Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Mereka kompak menyerukan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf. Semua elemen masyarakat akan tampil dengan penuh suka cita. Disebutkan ada 500 artis pendukung Jokowi-Ma’ruf akan meramaikan konser.

Baca juga : Mantap, Jenderal Tito

Diantaranya adalah Abdee Slank, Addie MS, Bimbo, Glen Fredly, Yuni Sara, Olla Ramlan, Arie Kriting, Krisdayanti, dan lainnya. Selain itu, 10 ketua umum parpol pengusung juga dipastikan hadir.

Direktur Komunikasi TKN Usman Kansong Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Usman Kansong menegaskan hal itu ketika dihubungi hari Jumat (12/4/2019).

Usman menegaskan skema ini sama seperti Konser Dua Jari saat Pilpres 2014 lalu. “Kecuali dari Pak Jokowi tidak ada orasi-orasi yang sifatnya politik,” tegas Usman.

Hal ini karena acara tersebut sebenarnya bersifat menghibur dan menampilkan berbagai pertunjukan.

Sementara dalam acara tersebut, Cawapres Ma’ruf Amin tidak akan mendapat kesempatan orasi dan hanya memimpindoa. “Kiai Ma’ruf nanti doa lah. Yang orasi tetap Pak Jokowi,” katanya lagi. [HEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.