Dark/Light Mode

Dukung Ketahanan Energi Nasional

Semangat Eksplorasi PT Saka Energi Indonesia

Sabtu, 9 Februari 2019 13:33 WIB
Para Pekerja SKK Migas dan PT Saka Energi Indonesia (SAKA). (Foto: Humas ESDM)
Para Pekerja SKK Migas dan PT Saka Energi Indonesia (SAKA). (Foto: Humas ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai dengan program kerja 2018 yang telah disetujui pemerintah melalui SKK Migas, SAKA melakukan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi di wilayah kerja eksplorasi South Sesulu dan Pangkah. 

SAKA baru saja menyelesaikan kegiatan pengeboran 2 sumur eksplorasi dengan menggunakan 2 Rig Jack ­Up dalam waktu yang bersamaan, di 2 wilayah kerja yang berbeda. TKBY­2, sumur eksplorasi yang dibor di wilayah kerja Pangkah, lepas pantai utara Jawa Timur, telah berhasil menemukan keberadaan minyak bumi dengan perkiraan perhitungan cadangan yang sangat memuaskan, berdasarkan hasil Uji Kandung Lapisan (UKl) yang dilakukan. 

Baca juga : Pertamina Ajak Jurnalis Indonesia “Move On”

Sedangkan sumur Eksplorasi West Sis A#1 yang merupakan bagian dari sumur komitmen kerja dan strategi eksplorasi di wilayah kerja South Sesulu, memerlukan kegiatan eksplorasi lanjutan guna menemukan hidrokarbon, dengan besaran keekonomian yang diharapkan. 

Untuk program kerja tahun 2019, akan dilakukan serangkaian studi G&G, pekerjaan kaji ulang data seismik dan pengeboran eksplorasi di seluruh wilayah kerja yang dioperatori oleh Saka. Termasuk di Pekawai dan West Yamdena, 2 wilayah kerja eksplorasi dengan skema PSC gross split. 

Baca juga : Kemenpar Kenalkan Digital Pariwisata Indonesia

SAKA konsisten berkomitmen membantu pemerintah dalam menemukan cadangan­-cadangan gas maupun minyak di wilayah Indonesia lainnya, guna mewujudkan ketahanan energi nasional. 

SAKA melakukan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi di Wilayah Kerja Eksplorasi South Sesulu dan Wilayah Kerja Produksi Pangkah. SAKA saat ini baru saja menyelesaikan kegiatan pengeboran 2 sumur eksplorasi dengan menggunakan 2 Rig Jack-Up dalam waktu yang bersamaan di 2 wilayah kerja yang berbeda. (Foto: Humas ESDM)

Sebagai informasi, PT Saka Energi Indonesia (SAKA) adalah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas, sebagai bagian dari anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Tujuan didirikannya SAKA adalah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis dan investasi hulu migas, seperti kegiatan eksplorasi, ekploitasi dan pengembangan.

Baca juga : Jokowi Akan Bangun Jalan Tol Cigatas Tahun Ini

Saat ini, SAKA memiliki 10 aset yang terletak di Indonesia dan 1 blok shale gas di AS. Kelima aset tersebut dioperasikan secara penuh oleh SAKA, dengan kepemilikan sebesar 100 persen. Aset tersebut adalah Pangkah PSC, south sesulu PSC, Wokam II PSC, Pekawai Block dan West Yamdena Blok. Komposisi produksi minyak dan gas SAKA masing­-masing sebesar 30 dan 70 persen. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.