Dark/Light Mode

Kosgoro 1957 Bagikan 10 Ribu Paket Buka Puasa Selama Ramadan

Jumat, 16 April 2021 19:05 WIB
Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono saat meninjau dapur umum Kosgoro 1957 Jakarta, Jumat (16/4). (Foto: Ist)
Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono saat meninjau dapur umum Kosgoro 1957 Jakarta, Jumat (16/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono menyatakan, ormas pendiri Partai Golkar ini akan membagikan 10 ribu boks makanan buka puasa di bulan suci Ramadan tahun 2021.

"Dalam situasi pandemi Covid-19, kami akan membagikan 10 ribu boks makanan buka puasa selama Ramadan," kata Dave saat meninjau dapur umum Kosgoro 1957 Jakarta, Jumat (16/4).

Dave yang hadir bersama Ketua MPO Kosgoro 1957 HR Agung Laksono dan pengurus PPK Kosgoro 1957 itu mengatakan, semangat berbagi dan membantu sesama, nyatanya sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia karena sejalan dengan nilai-nilai budaya yang ada di tanah air.

Pembagian paket menu buka puasa di bulan suci Ramadan, lanjut Dave, sebagai bentuk kepedulian Kosgoro 1957 kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa yang terdampak Covid-19.

"Saling membantu antar sesama ini adalah wujud dari sikap solidaritas dan gotong-royong yang menjadi semangat dari Kosgoro 1957. Intinya adalah, aksi ini adalah wujud konsistensi Golkar dan Kosgoro 1957 untuk terus hadir di masyarakat," tuturnya.

Baca juga : Puasa Sehat, Aman Dan Imun Saat Pandemi

Setiap harinya, anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar ini menyebut, akan ada sekitar hampir 500 paket nasi boks akan dibagikan secara cuma-cuma di sejumlah titik di Jabodetabek.

"Pembagiannya menyebar keliling kecamatan-kecamatan di Jabodetabek. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat," tambahnya.

Dave menyebut, kegiatan ini bukan kali ini saja, tapi sudah berjalan tahun ketiga. Setiap tahun terjadi peningkatan baik dari jumlah hari maupun jumlah paket makanan berbuka puasa yang dibagikan.

"Tahun pertama diselenggarakan 10 hari, tahun kedua 20 hari dan tahun ini 25 hari. Dulu jumlahnya cuma 5000 boks, tahun ini kita tingkatkan jadi 10 ribu boks," ujar dia.

Dave menuturkan, kegiatan pembagian paket menu buka puasa ini dilakukan secara swadaya.

Baca juga : Rumah Makan Dilarang Buka Siang Hari Selama Ramadan, Kemenag: Berlebihan

"Kegiatan ini terselenggara dengan bantuan teman-teman yang patungan dan saling membantu, tidak menggunakan anggaran dari manapun. Jadi yang belanja, yang masak, packing dan membagikan semuanya adalah kader-kader Kosgoro 1957 yang lakukan," ungkapnya.

Bukan itu saja, Dave menyatakan, Kosgoro 1957 juga melibatkan pedagang UMKM untuk meringankan kehidupan mereka. 

"Kita juga dengan membeli dari mereka semua bahan-bahan makanan dari pedagang UMKM," tambahnya.

Di tempat yang sama, penanggung jawab, kegiatan dapur umum pembagian makanan buka puasa Kosgoro 1957 tahun 2021, Tengku M Nurhafidz mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kosgoro 1957 di bulan suci Ramadan. Semua personil yang terlibat dalam acara ini, kata Nurhafidz, merupakan kader-kader Kosgoro 1957.

"Dapur umum untuk memasak dikelola ibu-ibu pengurus GP2K 57, dan untuk pendistribusiannya dibantu PDK Kosgoro 1957 DKI Jakarta," ujarnya.

Baca juga : Ajak Masyarakat Berbagi, Cadbury Bagikan 10.000 Paket Makanan dan Cokelat

Untuk target pembagian paket makanan buka puasa tahun ini sebanyak 10 ribu boks dengan rincian pembagian sebanyak 350 sampai 500 boks per harinya.

"Alhamdulillah, ini hari kedua kita bagikan, ada 400 boks makanan yang akan kita distribusikan di wilayah Jakarta Selatan," pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.