Dark/Light Mode

Jokowi 5 Tahun Lagi

2024 Giliran Anies, Puan, Emil, Khofifah

Kamis, 18 April 2019 07:48 WIB
Dari bawah searah jarum jam: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)
Dari bawah searah jarum jam: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalau acuannya hasil quick count 10 lembaga survei kredibel, Jokowi dipastikan akan menjadi presiden lima tahun lagi. Pertanyaannya, siapa yang akan jadi pengganti Jokowi di Pilpres 2024?

Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa dan Puan Maharani diprediksi akan mendapat gilirannya. Sebelumnya, 4 nama di atas sudah masuk dalam survei Indo Barometer, sebagai tokoh yang akan meramaikan Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari memprediksi, Anies bakal menjadi capres terkuat dari unsur kepala daerah. Lembaga Survei Indopol Survey and Consulting, pada Selasa (16/4) juga merilis hasil survei terkait tokoh muda yang dianggap pantas memimpin Indonesia pada 2024.

Baca juga : Jokowi : Tahun 2025, Masyarakat Indonesia Harus Pegang Sertifikat Tanah

Hasilnya, Anies berada di peringkat pertama dengan elektabilitas 17,3 persen. Menyusul Ridwan Kamil dengan 14,7 persen, kemudian Sandiaga Uno 14,2 persen, Ganjar Pranowo dengan 9,2 persen, dan AHY dengan 3,8 persen.

Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menyebut, dari rangkaian nama itu, ada 4 yang akan mengemuka. "Mereka adalah Anies, Khofifah, Ridwan Kamil alias Kang Emil dan Puan," ujar Hendri kepada Rakyat Merdeka.

Anies disebut Hendri, punya kans menjadi calon bintang pada pilpres 5 tahun mendatang dengan berbagai alasan. Pertama, jabatannya sebagai Gubernur Jakarta. Meski populasi penduduk DKI Jakarta hanya 4 persen jika dibandingkan populasi Jawa Barat sebesar 18,3 persen, Jawa Timur 15,1 persen dan Jawa Tengah sebesar 13,1 persen, namun Jakarta merupakan Ibu Kota Indonesia. Otomatis, menjadi pusat perhatian masyarakat luas.

Baca juga : Jokowi: Banyak Yang Ngira Saya & Anies Ada Masalah

Jabatan Gubernur DKI menjadi krusial pasca Jokowi. Tingkat popularitas Anies bisa meroket karena media massa, terutama televisi yang siarannya sampai ke daerah-daerah, terkonsentrasi di DKI. Jika Anies sukses memimpin Jakarta, maka prestasi itu akan jadi modal besar maju di pilpres 2024.

Kekuatan Anies lainnya, dia dianggap mewakili kelompok Islam modernis. Sebab, pernah menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Mantan aktivis HMI cukup banyak tersebar di berbagai partai politik, dan turut mewarnai kancah percaturan politik di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.