Dark/Light Mode

Jokowi Unggul Di Guangzhou, PDIP dan PSI Mendominasi

Rabu, 17 April 2019 22:31 WIB
Suasana penghitungan suara di PPLN Guangzhou, China, Rabu (17/4). (Foto: KJRI Guangzhou)
Suasana penghitungan suara di PPLN Guangzhou, China, Rabu (17/4). (Foto: KJRI Guangzhou)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan hasil perhitungan suara di POS 001 Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Guangzhou, China, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf berhasil mendulang 1.789 suara. Angka ini terpaut jauh dari perolehan suara paslon 02, Prabowo-Sandi, yang hanya meraup 167 suara. Ada 24 surat suara tidak sah dalam pemungutan suara ini, 2 di antaranya tidak dikembalikan pemilih metode pos. 

Baca juga : Jokowi Unggul di 5 TPS Ambon

Dalam penghitungan suara untuk DPR periode 2019-2024, perolehan suara tertinggi dipegang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 578 suara, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 461 suara, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan 63 suara.

Baca juga : Jokowi di Tanah Suci, Prabowo di Tanah Sentul

Setelah penghitungan suara hasil pemilu serentak secara manual selesai, akan dilanjutkan dengan penghitungan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi dari KPU RI, yaitu Sistem Penghitungan secara real time.

Baca juga : Kampanye Di NTT, Jokowi Janji Bangun 7 Bendungan

Penghitungan suara di PPLN Guangzhou, China berlangsung, tertib, aman dan lancar. Masyarakat dipersilakan untuk menghadiri sekaligus menyaksikan acara penghitungan suara tersebut, dengan imbauan tidak melakukan dokumentasi, sebelum pukul 16.00 waktu setempat. Hal ini sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi, yang menegaskan larangan untuk menyebarkan quick count sebelum pukul 15.00 WIB. Yang melanggar, akan dipidana 18 bulan penjara. [HES]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.