Dark/Light Mode

Kawal Pemerintah Tuntaskan Sisa Masa Kerja

PKB Doakan Wapres Sehat Wal Afiat

Jumat, 21 Mei 2021 07:25 WIB
Ketua DPP PKB, Daniel Johan (Foto: Net)
Ketua DPP PKB, Daniel Johan (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik target tinggi yang dipasang Kiai Ma’ruf Amin di masa 3,5 tahun menjabat sebagai Wakil Presiden. Mantan Ketua Dewan Syariah Nasional itu dalam keadaan sehat wal afiat.

“Kita selalu mendoakan Pak Wapres agar selalu sehat dan lancer menjalankan tugas membangun bangsa,” ujar Ketua DPP PKB, Daniel Johan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, program yang akan dikawal Wapres kali ini cukup strategis dan serius. Ada enam poin yang dijamin Kiai Ma’ruf akan beres dilaksanakan sebelum habis masa jabatannya sebagai Wakil Presiden pada 2024.

Baca juga : Pemerintah Daerah Harus Sigap Tangani Arus Balik

Pertama, di bidang ekonomi dan keuangan. Harapannya, lahir kawasan industri halal dan tumbuh kembangnya bisnis syariah. Kedua, pemerintah bisa menurunkan angka kemiskinan ekstrem sejalan, dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketiga, peningkatan produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Dalam upaya memperkuat UMKM, perlu kiranya agar pemerintah memperkuat koordinasi untuk menghilangkan hambatan birokrasi yang selama ini jadi masalah klasik,” sarannya.

Keempat, reformasi birokrasi. Persoalan ini dijamin Kiai Ma’ruf akan semakin efisien dan efektif, serta minim struktur namun kaya fungsi. Kelima, percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Bagi Daniel, hal ini termasuk masalah klasik di seluruh kepemimpinan Presiden-Wakil Presiden.

Baca juga : Kapolri Dukung Kementan Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Menurutnya, pendekatan pemerintah mempercepat membangun kesejahteraan di Papua dan Papua Barat menjadi cara jitu membangun Indonesia Timur.

Terakhir, Daniel juga optimis dengan mimpi Wapres Kiai Ma’ruf, soal pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Beragam program persiapan seperti sarana, prasarana pendukung bisa saja dikejar dengan pembangunan infrastruktur. “Saya mendukung semua program ini bisa diselesaikan,” katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini juga berharap, Wapres tetap menjaga kesehatan, agar dapat menuntaskan beragam program kerja strategis itu.

Baca juga : Lawan Israel, Ini Permintaan Palestina Ke Indonesia

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin menyatakan, dia ingin fokus menyelesaikan tugas pada sisa 3,5 tahun masa jabatannya sebagai wapres mendampingi Presiden Joko Widodo. Ada enam poin yang disampaikan. “Dalam 3,5 tahun ke depan saya benarbenar ingin fokus pada penyelesaian tugas menjadi Wapres,” katanya di Jakarta, Rabu (19/5)

Wapres tidak ingin ada tugas yang mangkrak atau tidak tuntas. Dia ingin, semua membuahkan hasil nyata serta membawa manfaat dan maslahat bagi rakyat dan umat. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.