Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gencatan Senjata Israel Dan Hamas, Gelora Harap Kedua Pihak Konsisten

Jumat, 21 Mei 2021 18:31 WIB
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menyambut baik keputusan gencatan senjata antara pemerintah Palestina dan pemerintah Israel di jalur Gaza.

"Kita ikut bergembira karena pada akhirnya hari ini gencatan senjata telah dilakukan antara Israel dengan Hamas," ucap Anis Matta kepada wartawan di Kantor DPN Partai Gelora, Jakarta, Jumat (21/5).

Anis pun berharap kedua pihak konsisten dengan keputusan untuk melakukan gencatan senjata ini. Karena pada akhirnya, korban terbesar dari perang ini adalah masyarakat sipil di Palestina. Meskipun ada juga korban jiwa warga Israel.

Baca juga : Jihad Islam Palestina: Perlawanan dan Jihad Tetap Berlanjut

"Saya kira ini momen yang baik untuk semua pihak," katanya.

Mantan Presiden PKS inipun menganggap gencatan senjata yang terjadi merupakan momen sejarah bagi Palestina. Palestina bisa mengimbangi kekuatan militer Israel, bahkan bisa merusak instalasi strategis Israel seperti kilang minyak kemudian bandara dan seterusnya.

Bukti lain dari kemenangan Palestina adalah keengganan Israel untuk melakukan serangan darat secara besar-besaran. Tadinya, Anis menduga akan ada serangan tapi ternyata serangan darat ini tidak ada.

Baca juga : Rayakan Gencatan Senjata, Warga Palestina Takbir

"Dan saya kira ini satu pertanda bahwa secara mental tidak ada keberanian yang cukup dari petinggi Israel untuk mengambil keputusan melakukan serangan darat itu," tuturnya.

Pilihan Israel itu, menjadi catatan awal kemerdekaan bagi Palestina. Selanjutnya, Anis meminta kepada pemerintah Indonesia untuk memainkan peran sebagai negara muslim terbesar di dunia bersama dengan Turki menginisiasi langkah-langkah mediasi mengkonsolidasi kemerdekaan Palestina.

"Insyaallah ini akan membuahkan hasil yang besar dan inilah sesungguhnya peran yang diharapkan oleh masyarakat Palestina dan dunia islam saat ini," harapnya.

Baca juga : Jenazah Anggota TNI Yang Tewas di Papua Tiba Di Ambon

Senada, Sekjen Partai Gelora Mahfuz Sidik juga mengaku senang dengan adanya gencatan senjata ini.

"Patut kita syukuri adanya gencatan senjata ini. Karena terlepas dari apapun dari konflik ini yang jelas selama 11 hari jumlah korban jiwa di masyarakat sipil ini sangat banyak," katanya.

Dengan adanya kesepatakan ini, setidaknya tidak ada lagi korban jiwa dari sipil akibat perang antara Israel dan Palestina. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.