Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pelaksanaan Pemilu 2024 Mau Dimajukan

Berkarya Dan PBB Woles Aja

Jumat, 4 Juni 2021 07:07 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badarudin Andi Picunang. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badarudin Andi Picunang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang (PBB) menyatakan siap berkompetisi di Pemilu 2024, sekalipun waktu pelaksanaannya dimajukan.

“Partai Berkarya sudah siap,” kata Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badarudin Andi Picunang, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria yang akrab disapa Badar ini menjelaskan, kemungkinan ini sudah diperhitungkan dan disosialisasikan kepada seluruh struktur partai. Dikatakan, memajukan waktu pelaksanaan Pemilu 2024 berdampak dengan dipercepatnya proses verifikasi partai calon peserta.

Politisi kelahiran Belopo, Sulawesi Selatan ini memas­tikan, mesin Partai Berkarya dalam kondisi prima. Beragam tahapan verifikasi yang akan diuji KPU mulai dari kepengurusan pusat-daerah, sampai ketersediaan kantor partai sudah siap. “Rekruitmen caleg pun kita akan buka sesegera mungkin,” katanya.

Berita Terkait : Aplikasi SIMRAL Bantu Pemerintah Daerah Optimalkan Serapan Anggaran

Menurut Badar, optimisme Partai Berkarya menyambut Pemilu 2024 tersirat dari hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II yang digelar pada 28-30 Mei 2021. Menurutnya, rapat internal tertinggi itu telah membuat seluruh kepengurusan solid.

Seperti diketahui, Partai Berkarya sempat digoyang konflikinternal masalah kepengurusan, antara kubu Tommy Soeharto dengan kubu Muchdi Purwoprandjono alias Muchdi PR.

Dipastikan, saat ini Berkarya solid di bawah komando Muchdi PR. “Dinamika internal itu hal biasa, bahkan membuat partai lebih dewasa,” tutupnya.

Optimisme juga datang dari Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Ferry Noor. Selain sudah beres soal mesin partai, beragam strategi politik sudah dimatangkan dan siap diuji pada Pemilu 2024. “Nggak ada masalah buat PBB. Kita siap,” ucapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Berita Terkait : Koalisi Pilpres 2024, PKB Tawarkan Poros Harapan Baru

Pria yang akrab disapa Ferry ini menegaskan, saat ini PBB memiliki strategi khusus mer­angkul kaum milenial, yang 60 persen tercatat sebagai calon pemilih di Pemilu 2024.

Dia memastikan, PBB mengambil peran dan menjadi sarana politik bagi kaum muda. “Insya Allah PBB lebih modernis dan siap merangkul kaum milenial,” kata Ferry.

Dijelaskan, PBB di bawah komando Yusril Ihza Mahendra akan mengedepankan diri sebagai Partai Islam yang keindonesiaan.

Seperti diketahui, KPU mengusulkan Pemilu 2024 dipercepat dari rencana awal, yaitu dari semula 21 April menjadi 21 Februari 2024. Usulan tersebut, bahkan sudah disampaikan kepada DPR.

Berita Terkait : Bos Pertamina Komit Majukan Layanan Gas Bumi

“Kami menginginkan agar penyelenggaraan Pemilu ini dipercepat, untuk menghindari kekosongan pencalonan pemilihan kepala daerah,” ujar Ketua KPU, Ilham Saputra saat memberi paparan pada acara diskusi virtual, Minggu (30/5).

Dijelaskan, penyelenggaraan Pemilu 2024 dimajukan demi mencegah persoalan teknis. Misalnya, ketika terjadi perselisihan hasil Pemilu, agar bisa segera dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU. [BSH]