Dark/Light Mode

Survei PPI: Elektabilitas PDIP Masih Teratas, Demokrat Naik Signifikan

Sabtu, 5 Juni 2021 15:34 WIB
Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Parameter Politik Indonesia menempatkan PDIP  sebagai partai yang memiliki elektabilitas tertinggi, dengan angka 22,1 persen. Disusul Gerindra dan Golkar masing-masing dengan angka 11,9 dan 10,8 persen.

Peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada Partai Demokrat dan PKS.

Baca juga : Survei Capres PPI: Elektabilitas Prabowo Melorot

"Meningkatnya elektabilitas Partai Demokrat disinyalir akibat hingar bingarnya perseteruan dengan Moeldoko beberapa waktu lalu," kata Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno dalam rilisnya, Sabtu (5/6).

Sementara PKS mendapatkan insentif elektabilitas, akibat pembelaan terhadap kelompok Islam yang dinilai dimarjinalkan.

Baca juga : Kejutan! Survei CISA: Elektabilitas AHY Ungguli Partainya, Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Adi menilai, faktor ketokohan masih mendominasi motif memilih partai (22,9 persen). Di antara tokoh partai yang ada, Jokowi memiliki pengaruh terbesar (4,2 persen) disusul Prabowo (3,2 persen), lalu SBY (1,3 persen) dan Megawati (0,5 persen).

Setelah faktor ketokohan, faktor citra dan emosional juga menjadi penentu arah pilihan partai (18,2 persen). Jika ditotal, kedua faktor ini mendominasi hampir separuh motif memilih partai politik. Jumlahnya 41,2 persen.

Baca juga : Karena Hasto, PDIP Dan Demokrat Saling Serang

Sementara faktor keluarga, lingkungan dan identitas partai memberi pengaruh 14,2 persen, faktor sosiologis (kelas dan golongan masyarakat) 9,1 persen dan faktor rasional 6,0 persen.

"Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa partai politik perlu lebih serius dalam membangun ketokohan yang kuat dan citra yang baik. Ketimbang merumuskan visi misi dan program yang brilian," tandas Adi. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.