Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terang-terangan, Gus Muhaimin Siap Maju Capres 2024

Senin, 18 Oktober 2021 07:50 WIB
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Namun, Wakil Ketua DPR ini tak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

"Saya siap. Saya menganggapnya sebagai tantangan. Tapi, harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti, seperti apa peta politiknya,” ujar Gus Muhaimin menjawab pertanyaan wartawan di sela kegiatan silaturahmi dengan para tokoh ulama di wilayah Brebes-Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/11).

Gus Muhaimin menambahkan, selama ini, kader PKB di seluruh daerah berharap dan mendukung dirinya, agar maju sebagai capres di tahun 2024.

Karena itu, PKB akan terus menggalang kekuatan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi.

Baca juga : Langkah-langkah Menuju 2024

Sebab, PKB tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilpres 2024 sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

”Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Jika nantinya maju, maka untuk mencari figur capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi," jelas Gus Muhaimin.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Muhaimin juga menyerahkan 1 unit mobil ambulans kepada kepengurusan DPC PKB Kabupaten Brebes.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua DPC PKB Brebes Zubad Fahilatah dan anggota DPR Fraksi PKB Nur Nadhlifah.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menegaskan, PKB terbuka untuk membangun koalisi dengan siapa pun guna mencari agenda bersama untuk kepentingan bangsa.

Baca juga : Wapres Filipina Maju Jadi Capres

Menurut Gus Jazil, munculnya nama-nama capres saat ini menjadi sesuatu yang menarik sehingga masyarakat akan bisa melihat track record calon, rekam jejak, program kerja dan visi misi lebih awal.

Sejauh ini, sudah ada nama sejumlah ketum parpol yang muncul sebagai capres. Antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gus Muhaimin.

Namun, dari ketiga nama Ketua Umum Parpol tersebut, baru Airlangga yang sudah dipastikan maju capres sesuai keputusan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar 2019.

”PKB ingin mengajak masyarakat, dari awal kalau mau nyalon, tegas saja. Nggak usah malu-malu, supaya bisa dinilai track record-nya, bisa dibaca program dan alur pikirnya, dan bisa menjadi harapan baru buat Indonesia,” tutur Gus Jazil.

Saat ini, kata Gus Jazil, seluruh kader PKB berikhtiar menjadikan Gus Muhaimin sebagai capres. Namun, pihaknya juga realistis bahwa PKB tidak bisa maju sendiri untuk mengusung Gus Muhaimin sebagai capres. Sehingga, harus berkoalisi dengan parpol lain.

Baca juga : Jelang Lawan Taiwan, Asnawi Mangualam Siap Tarung

”PKB punya modal 9-10 persen. Tentu kalau koalisi dengan parpol menengah bawah, kita harus mengajak dua parpol lagi. Tapi kalau dengan Gerindra, cukup 2 partai. Tapi yang perlu dibahas kan bukan sekadar mencukupi, elektoral. Yang penting, itu menang. Dan kalau menang, harus bermanfaat untuk masyarakat,” beber Gus Jazil.

Jika koalisi dengan parpol lain sudah terjalin, juga akan dibicarakan bersama soal komposisi capres dan cawapres. Termasuk, program kerja dan lainnya.

”Hari ini, Pak Muhaimin maju capres harga mati. Semua kader PKB bergerak untuk itu. Bagaimana ke depannya setelah berkoalisi, kita lihat nanti. Kita nggak ngotot kok. Kita nggak pakai harga mati dalam konteks pokoke. Kita ingin presiden 2024 ke depan itu betul-betul yang diharapkan masyarakat,” tutur Wakil Ketua MPR ini.

Gus Jazil menyebut, Gus Muhaimin memiliki track record panjang dan sangat mumpuni sebagai pemimpin bangsa.

Selain sebagai Ketua Umum Parpol yang terbukti berhasil mengangkat perolehan suara parpol pada Pemilu 2019, Gus Muhaimin juga pernah menjadi menteri, Wakil Ketua DPR dan Wakil Ketua MPR, serta memiliki trah kepemimpinan nasional. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.