Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Punya Modal Politik Besar

Golkar Bakal Jadi Primadona

Rabu, 3 November 2021 07:25 WIB
Partai Golkar sudah mantap mengusung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. (Foto: Twitter @airlangga_hrt)
Partai Golkar sudah mantap mengusung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. (Foto: Twitter @airlangga_hrt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar sudah mantap mengusung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Menurut kalkulasi perolehan suara pada Pemilu lalu, Beringin hanya perlu 6 persen lagi untuk mengajukan capres dan cawapres.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Mukhamad Misbakhun meyakini, sosok Airlangga merupakan salah satu capres potensial karena torehan prestasinya. “Coba lihat pemulihan ekonomi? Yang mengkoordinasikan siapa? Kan Pak Airlangga,” ungkapnya, kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Token Kripto Asal Indonesia Bakal Melantai Di Bursa Eropa

Menurut Misbakhun, masyarakat dari berbagai level sudah merasakan betul manfaat kehadiran Airlangga selama pandemi Covid-19 yang menghantam Indonesia selama dua tahun belakangan ini. Selain karena prestasi dan dukungan yang solid mencalonkan Airlangga, Partai Golkar punya modal politik bagus, yakni perolehan suara pada Pemilu lalu yang mencapai 14,7 persen suara.

Dengan demikian, kata dia, untuk mengusung pasangan capres dan cawapres, Partai Golkar hanya membutuhkan 6 persen suara lagi. Mantan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini optimis, dengan modal politik itu, Airlangga akan dengan mudah mengajak partai manapun berkoalisi. “Suara 14,7 persen ini merupakan suara signifikan untuk menjadi daya tarik dan daya ikat,” ujar Misbakhun.

Baca juga : Serpong Punya Klub Sepak Bola, Bamsoet Jadi Penasehat

Namun, anggota Komisi XI DPR ini belum mau mengatakan dengan siapa Partai Golkar akan berkoalisi. Sebab untuk menentukan partner koalisi waktunya masih cukup panjang. “Sekarang kita sedang susun strateginya,” ucapnya.

Soal elektabilitas Airlangga yang masih rendah, Misbakhun tidak mempermasalahkannya. Sebab, hal itu bisa tangani melalui program yang benar-benar menyentuh kepentingan rakyat kecil. “Kita masih mempunyai waktu memperkenalkan prestasi Pak Airlangga kepada masyarakat ketika pandemi Covid-19,” terang dia.

Baca juga : Penjualan Mobil Listrik Toyota Naik Dua Kali Lipat

Dikatakan, saat ini Airlangga sedang fokus melaksanakan perintah Presiden Jokowi dan menangani masalah pandemi dan melakukan pemulihan ekonomi.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menegaskan, di usianya yang genap 60 tahun pada 2024, Golkar harus menjadi pemenang pemilu. “Bukan saja harus menang, 2024 merupakan pertaruhgan di mana Partai Golkar menginjak usia 60 tahun, menuju enam dekade Partai Golkar. Kita harus torehkan sejarah, Partai Golkar akan kembali merebut kemenangan dalam Pilpres, Pileg, dan Pilkada,” ujar Airlangga. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.