Dark/Light Mode

Kapal Terbesar AL Australia Berlabuh Di Priok

Senin, 25 Oktober 2021 21:47 WIB
Kapal terbesar AL Australia, HMAS Canberra, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Kedutaan Besar Australia)
Kapal terbesar AL Australia, HMAS Canberra, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Kedutaan Besar Australia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal terbesar Angkatan Laut (AL) Australia, HMAS Canberra, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (25/10). Kedatangan kapal ini merupakan bagian dari Indo-Pacific Endeavour 2021 (IPE21).

IPE21 merupakan kegiatan yang dilakukan setiap dua tahun di seluruh Asia Tenggara. Acara ini dirancang untuk meningkatkan kerja sama AL Australia dengan mitra dekatnya di kawasan.

Baca juga : Nggak Ada Syarat PCR Sebelum Terbang Di Australia

Berdasarkan keterangan Kedutaan Besar Australia di Jakarta, selama kunjungannya, HMAS Canberra akan menyelenggarakan lokakarya tentang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, keamanan maritim, dan pertukaran ahli pokok di pesawat hercules yang dioperasikan Indonesia dan Australia.

Sebagai bagian dari IPE21, Australia mengirimkan sebuah mesin desalinasi bertenaga surya ke Nusa Lembongan, Bali, untuk membantu masyarakat Indonesia memecahkan masalah pasokan air dan polusi plastik. Mesin tersebut diangkut dari Australia menggunakan kemampuan gabungan Kapal HMAS Canberra dan Anzac.

Baca juga : Kalah Jam Terbang, Tim Uber Merah Putih Terhenti Di Babak Perempat Final

HMAS Canberra adalah kapal Landing Helicopter Dock (LHD) dan aset pemulihan bencana dan kemanusiaan yang paling mumpuni di AL Australia. Memiliki berat 27 ribu ton dan panjang 230 meter, kapal ini dirancang untuk memberikan bantuan medis dan kemanusiaan selama keadaan darurat regional dengan satu rumah sakit berkapasitas 40 tempat tidur, lengkap dengan dua ruang operasi.

Dek penerbangannya yang mencapai 200 meter dapat membawa hingga 12 helikopter. Lebih dari 100 kendaraan dan 7.000 ton kargo dapat disimpan di dalamnya.

Baca juga : Penggabungan Pelindo Perkuat Industri Pelabuhan

Indo-Pacific Endeavour tahun ini telah membawa HMAS Canberra bersama dua kapal lain dari AL Australia, HMAS Anzac dan HMAS Sirius. Kapal tersebut melakukan kunjungan pelabuhan ke Malaysia, Thailand, Brunei, Vietnam, Filipina, Singapura, Kamboja, Timor Leste, dan Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.