Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Utara Rob, Di Selatan Banjir

Warga Jakarta Diminta Sabar

Senin, 8 Nopember 2021 08:58 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Istimewa)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta dikepung banjir. Dari Selatan sampai ke Utara, kena. Hujan lebat yang mengguyur kawasan Jabodetabek hampir seharian kemarin, mengakibatkan sejumlah pemukiman dan jalan raya di selatan Jakarta, terendam banjir. Di saat yang sama, banjir rob melanda di sebagian utara Jakarta. Menanggapi kejadian ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta warganya bersabar.

Hujan mulai mengguyur Jakarta sejak siang kemarin. Mendekati sore, hujan semakin deras. Air sungai dengan cepat meluap menggenangi daerah pemukiman dan jalanan. Di Jakarta Selatan, ada lima kelurahan yang terdampak akibat meluapnya kali Pesanggrahan. Kelima kelurahan itu adalah Pondok Pinang, Bintaro, Petukangan Utara, Cipete Selatan, dan Gunung.

Berita Terkait : Kota Batu Diterjang Banjir Bandang, Khofifah Minta Warga Jatim Stop Buang Sampah Ke Sungai

Ketinggian air bervariasi. Mulai dari selutut hingga sedada orang dewasa. Paling parah melanda pemukiman di Bintaro. Ketinggian air hingga seleher orang dewasa. Sejumlah ruas jalan di Jakarta Selatan juga ikut terendam, seperti Jalan Panglima Polim.

Banjir juga mengakibatkan rangkaian kereta rel listrik atau KRL yang sedang berjalan dari Stasiun Pondok Ranji-Kebayoran Baru, berhenti di tengah jalan karena rel terendam. Kejadian ini terekam dalam video yang diunggah akun Instagram @jktinfo. Dalam video itu, tampak bagian bawah kereta sudah tak tampak karena teredam. Sejumlah petugas yang mengenakan jas hujan, terlihat sedang melihat situasi. "Jalanan berasa lautan. Jalan keretanya sampai hilang nih," kata si perekam.

Berita Terkait : Mulai Hari Ini, Terbang Di Jawa Bali Bisa Pakai Antigen

Di Jakarta Utara, banjir rob merendam kawasan Jalan RE Martadinata dan Gunung Sahari Raya, kemarin siang. Banjir tersebut mengakibatkan kemacetan menuju kawasan Ancol. Dari tiga ruas jalan yang tersedia, hanya ruas paling kanan yang bisa dilewati. Beberapa sepeda motor yang nekat menerabas banjir, mogok.

Petugas dari Dinas Sumber Daya Air sibuk menangani banjir ini. Mereka mengoperasikan pompa untuk membuang air yang menggenang di jalan menuju kali di sebelahnya.

Berita Terkait : Lion Parcel Menangkan Penghargaan The Best Digital Media

Jagat Twitter langsung ramai dengan ulasan banjir. Berbagai cuitan yang disertai foto dan video yang mengabarkan soal banjir berseliweran di linimasa. Foto jalanan yang terendam banjir, mobil balik arah atau mogok karena terendam, serta pengendara motor yang menuntun kendaraannya, banyak muncul. Sebagian lagi mengritik kerja Gubernur DKI, Anies Baswedan yang dianggap tak mampu mengatasi banjir. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, ada 36 RT yang terkena banjir. Sebagian besar berada di Jakarta Selatan.
 Selanjutnya