Dark/Light Mode

Partai Gelora: Perubahan Iklim, Ancaman Terbesar Bagi Keamanan Indonesia

Kamis, 4 November 2021 11:09 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta dalam Gelora Talk, Rabu (3/11). (Foto: Humas Gelora)
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta dalam Gelora Talk, Rabu (3/11). (Foto: Humas Gelora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menegaskan, perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi keamanan Indonesia. Melebihi semua ancaman perang yang ada.

"Isu perubahan iklim ini adalah ancaman keamanan besar. Harus dipersepsikan sebagai ancaman keamanan nasional paling besar yang kita hadapi saat ini. Bahkan, melebihi semua ancaman perang yang mungkin bisa kita prediksi," kata Anis Matta dalam Gelora Talk yang disiarkan langsung di kanal YouTube Gelora TV, Rabu (3/11).

Diskusi bertajuk Ancaman Climate Change Mengintai Indonesia ini dihadiri tokoh nasional dan pemerhati lingkungan seperti Prof. Emil Salim, Plt Deputi Klimatologi BMKG Dr. Urif Haryoko dan Direktur Eksekutif Nasional Walhi Zenzi Suhadi.

Diskusi ini dipandu , Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPN Partai Gelora Rully Syumanda.

Baca juga : Pemerintah Gelar Pelatihan Energi Terbarukan Bersama Nepal Dan Madagaskar

Anis Matta menegaskan, saat ini diperlukan suatu gerakan literasi masif untuk mitigasi perubahan iklim. Mengingat literasi masyarakat terhadap isu ini masih sangat minim.

"Ini akan menginspirasi masyarakat, bagaimana mengelola isu perubahan iklim," katanya.

Dalam kaitan ini, Anis Matta juga menganggap penting transformasi ekonomi yang sistemik, untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Sebab, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim saat ini mendapatkan banyak tantangan, akibat ide pertumbuhan dalam mazhab ekonomi global yang menjadi dasar dari sistem sekarang.

Baca juga : Mendag: Pengunjung Terkesima Melihat Kemajuan Indonesia

Dalam situasi ini, Indonesia telah membayar ongkos kerusakan lingkungan yang sangat besar.

"Karena itu, Partai Gelora akan menjadikan isu perubahan iklim ini sebagai agenda utama, dan gerakan politik dalam perjuangannya. Partai Gelora melihat, ini merupakan ancaman keamanan nasional yang paling berat," jelas Anis Matta.

Partai Gelora mengajak semua pihak untuk berkolaborasi menyelamatkan masa depan generasi muda, dengan mitigasi dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

"Sebagai negara kepulauan, Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi collateral damage. Korban paling besar dari perubahan iklim yang terjadi secara global," tegas Anis Matta.

Baca juga : Berprestasi, 8 Mahasiswa ITS Dapat Beasiswa Semen Indonesia

Ia menilai perlunya model ekonomi baru yang kompatibel dengan perubahan iklim. Yang tidak sekedar ramah lingkungan, tetapi juga terus berupaya untuk memitigasi dan adaptasi terhadap mesin pertumbuhan ekonomi.

"Orientasinya pada mitigasi dan adaptasi. Ini tantangan kita sebagai bangsa. Mudah-mudahan, semua terinspirasi dan secara bersama-sama berkolaborasi untuk menemukan jalan model ekonomi yang kompatibel, terhadap perubahan iklim," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.