Dark/Light Mode

Tingkat Trending Topic Capres, Prabowo 1.099 Jam, Anies 1 Jam

Kamis, 13 April 2023 23:29 WIB
Diagram tingkat trending topic kandidat capres. (Gambar: Respublica Institute)
Diagram tingkat trending topic kandidat capres. (Gambar: Respublica Institute)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Prabowo Subianto menjadi kandidat capres yang paling lama dibicarakan warganet di Twitter sepanjang Januari-Maret 2023. Demikian hasil riset terbaru Respublica Institute.

Respublica Institute mencatat, Prabowo menjadi trending topic selama 1.099,5 jam atau 82 persen. Pencapaian ini jauh meninggalkan nama-nama lain. Seperti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (115 jam), Menteri BUMN Erick Thohir (65,5 jam), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (53 jam), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (5 jam), mantan Gunernur NBT Tuan Guru Bajang (4 jam), Ketua DPR Puan Maharani (2 jam), dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (1 jam).

“Prabowo menjadi calon presiden yang paling lama dibicarakan warganet karena didukung oleh 1 tagar 77 kata kunci. Setidaknya ada tiga kata kunci yang selalu muncul dan menghasilkan waktu trending topic yang panjang dalam rentang Januari-Maret 2023, yaitu ‘prabowo subianto’, ‘Indonesia Terus Maju’, dan 'Mending Prabowo',” terang peneliti Respublica Institute Teguh V Andrew, di Jakarta, Kamis (13/4).

Baca juga : Dijagokan Jadi Cawapres Anies, Pak Mahfud Mau..?

Kata kunci pertama adalah ‘prabowo subianto’ dengan waktu trending topic mencapai 128 jam dan volume percakapan 77.750 twit. Kata kunci kedua ‘Indonesia Terus Maju’ menghasilkan waktu trending topic selama 79,5 jam. Lata kunci ketiga 'Mending Prabowo' menghasilkan 67 jam waktu trending topic.

Selain itu, satu-satunya tagar yang muncul adalah #AntekAsing, terkait dengan isi pidato Prabowo yang kerap mengkritik penguasa yang membela kepentingan asing. Tagar ini memiliki waktu trending topic mencapai 12,5 jam.

Riset terbaru Respublica Institute juga mencatat Muhaimin Iskandar muncul sebagai sosok kandidat wakil presiden yang paling lama dibicarakan warganet. Muhaimin unggul (62 persen) atas sejumlah kandidat wakil presiden, seperti Erick Thohir (32 persen), Ridwan Kamil (1 persen), dan Tuan Guru Bajang (1 persen).

Baca juga : Susi: Prabowo Nggak Berubah, Tetap Humble

Muhaimin menjadi sosok kandidat wakil presiden yang paling lama dibicarakan warganet dengan waktu trending topic selama 115 jam. Imin, sapaan akrab Muhaimin, juga menghasilkan volume percakapan yang besar 410.525 twit selama periode Januari-Maret 2023.

Selama tiga bulan terakhir, setidaknya terdapat 5 tagar dan 2 kata kunci yang menyokong percakapan warganet tentang Imin. ‘Gus Muhaimin Iskandar’ yang muncul pada Januari 2023 menjadi kata kunci dengan waktu trending topic terlama, yaitu 34,5 jam. Terdapat pula tagar #GusMuhaimin yang menghasilkan waktu trending topic selama 21 jam. Tagar yang muncul pada Januari dan Maret 2023 ini juga menghasilkan volume percakapan yang besar.

Riset Respublica Institute bertajuk Capres-Cawapres dan Partai Politik yang Paling Lama Dibicarakan Warganet sepanjang Januari-Maret 2023 ini menggunakan 62 tagar dan 113 kata kunci. Tagar dan kata kunci ini muncul pada periode 1 Januari-31 Maret 2023 di Twitter.

Baca juga : Terus Meningkat, Elektabilitas Prabowo Sentuh 30 Persen di Survei LSI

Seluruh data terkait tagar dan kata kunci diakses dari laman twitter-trending.com. Observasi manual terhadap tagar dan kata kunci ini dilakukan secara harian dan dikaji menggunakan melalui teknik konten analisis.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.