Dark/Light Mode

Bisa Jadi Faktor Kunci

Survei Poltracking: Erick Thohir, Cawapres Dengan Elektabilitas Tertinggi

Jumat, 28 April 2023 17:28 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Poltracking Indonesia bertajuk "Pergeseran Peta Elektoral Capres-Cawapres dan Partai Politik pada Tiga Survei Terbaru" yang dirilis hari ini, Jumat (28/4), mengukuhkan Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi.

Sejauh ini, tren elektabilitas capres masih cukup kompetitif. Tidak ada yang terlalu mendominasi. Juga tidak ada petahana.

"Karena itu, variabel cawapres menjadi sangat penting di Pilpres 2024," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha, Jumat (28/4).

Dalam sejumlah simulasi Cawapres yang dilakukan Poltracking pada 9-15 April 2023, Hanta mengatakan, Erick selalu menjadi yang teratas.

Baca juga : Survei Poltracking: Prabowo dan Erick, Menteri Paling Diapresiasi Publik

Dalam simulasi 20 nama, Erick meraih 16,3 persen pada simulasi 20 nama cawapres. Atau lebih tinggi dibanding Sandiaga Uno yang hanya 14,8 persen dan Ridwan Kamil 12,2 persen.

Dalam simulasi 10 nama, Erick konsisten menduduki posisi tertinggi dengan angka 17,1 persen. Disusul Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Mahfud MD, dan AHY.

"Erick memiliki tren elektabilitas yang stabil dan cenderung naik dalam tiga survei.Poltracking, pada Februari hingga April," papar Hanta.

Pada Februari, elektabilitas Erick tercatat sebesar 16,5 persen. Maret, naik menjadi 16,7 persen. April, meningkat jadi 17,1 persen.

Baca juga : Sekber Jokowi Nusantara: Erick Thohir, Cawapres Idaman Ganjar

"Tren elektabilitas Erick Thohir relatif stabil sejak Oktober 2021," ucap Hanta.

Dalam tiga survei terakhir, Erick Thohir stabil dan cenderung naik tipis. Sandiaga juga cenderung naik.

Sementara tren Ridwan Kamil, turun setelah masuk Golkar. Bisa jadi, hal itu disebabkan oleh persepsi Golkar milik Airlangga.

"Erick masih memiliki potensi untuk meningkatkan elektabilitas. Karena dia punya banyak tanggung jawab. Baik di BUMN atau sebagai Ketua Umum PSSI, yang acapkali menjadi perhatian publik," jelas Hanta.

Baca juga : Erick, Sosok Cawapres Alternatif Koalisi Besar

Tiga survei Poltracking dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.220 responden di tiap survei.

Riset ini memiliki margin of error sekitar 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen pada tiap periode survei. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.