Dark/Light Mode

Sekber Jokowi Nusantara: Erick Thohir, Cawapres Idaman Ganjar

Rabu, 26 April 2023 20:23 WIB
Sekretaris Jenderal Sekber Jokowi Nusantara Tomson Manurung bersama Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal Sekber Jokowi Nusantara Tomson Manurung bersama Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Sekber Jokowi Nusantara Tomson Manurung berharap calon presiden Ganjar Pranowo tidak salah pilih mencari calon wakil presiden.

Menurutnya, tidak sulit bagi Ganjar untuk memilih cawapresnya. Karena nama-namanya sudah tersedia. Bahkan kerap di-endorse oleh sejumlah pihak. Presiden Jokowi pun ikut meng-endorse cawapres.

Baca juga : Pengamat: Hadi Tjahjanto Jadi Opsi Cawapres Tokoh Militer Pendamping Ganjar

"Dari ucapan Pak Jokowi ada beberapa calon cawapres yang mungkin mendampingi Ganjar Pranowo. Di antaranya Erick Tohir, Sandiaga uno, Mahfud MD, Moeldoko, Ridwan Kamil, dan Airlangga Hartarto," kata Tomson, dalam keterangannya, Rabu (26/4).

Dia menilai, ada lima syarat yang wajib dipenuhi cawapres. Pertama didukung partai politik yang tergabung dalam koalisi, elektabilitas cawapres, keuangan cawapres, dukungan ormas besar terhadap cawapres, dan dukungan para pengusaha.

Baca juga : Prabowo Dinilai Cawapres Paling Ideal Untuk Ganjar

"Dari 5 Syarat di atas tentu kita bisa menilai satu persatu dari cawapres yang disebut bapak Jokowi. GP Ansor sebagai perwakilan ormas besar sudah mengusulkan empat nama yaitu Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, dan Ridwan Kamil," tuturnya.

Sementara dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia terbaru elektabilitas cawapres 4 April 2023 ada 5 yaitu, Ridwan Kamil mendapat dukungan dari 19,6 persen responden, sementara Sandiaga Uno 18,9 persen. Mengekor di bawah keduanya Erick Thohir, Agus Harimurti, dan Khofifah Indar parawansa.

Baca juga : Pengamat: Jokowi Tak Rekomendasikan Prabowo Jadi Cawapres

"Dalam perhelatan Musra yang digagas 18 relawan Jokowi yang di adakan di 28 provinsi ada tiga capres yang direkomendasi yaitu Ganjar Pranowo di urutan pertama, selanjutnya Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto. Cawapres antara lain Moeldoko, Mahfud MD , Sandiaga uno, Erick Thohir, dan Ridwan Kamil," papar dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.