Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Sumbar, Prabowo-Yusril Tampil Di Depan Ribuan Massa

Selasa, 2 Mei 2023 11:17 WIB
Prabowo Subianto bersama Yusril Ihza Mahendra (kanan) di Istano Basa Pagaruyung dalam rangka pengukuhan gelar Datuk Rajo Basa untuk Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto bersama Yusril Ihza Mahendra (kanan) di Istano Basa Pagaruyung dalam rangka pengukuhan gelar Datuk Rajo Basa untuk Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua tokoh nasional yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024, Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra, tampil bersama di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Selama dua hari berturut-turut sejak Sabtu hingga Minggu, 29-30 April 2023, keduanya terlihat menghadiri setidaknya dua kegiatan.

Kegiatan pertama di Istano Basa Pagaruyung dalam rangka pengukuhan gelar Datuk Rajo Basa untuk Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor. Ada sekitar 12 ribu warga yang turut hadir.

Kegiatan kedua di Gelanggang Bukit Gombak dalam ajang Pacu Kuda Wirabraja. Tak hanya tampil duet di hadapan publik. Rupanya, Prabowo dan Yusril juga menginap di hotel yang sama serta dikabarkan melakukan diskusi intensif selama kurang lebih dua jam.

Menilik kebersamaan dua pimpinan partai tersebut tersirat,  ada kesepakatan terkait dengan Pilpres 2024. Bisa jadi soal sikap politik PBB dengan Gerindra, bisa pula mengarah ke seputar pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Prabowo-Yusril.

Baca juga : Silaturahmi Lebaran, Prabowo Minta Mahfud Kasih Tausiyah Di Hambalang

Namun yang terdengar eksplisit di kalangan media, keduanya sepakat bekerja sama dalam menangani persoalan negara dan bangsa saat ini dan di masa mendatang.

Sebelumnya, Prabowo dan Yusril didampingi pengurus teras Gerindra dan PBB juga mengadakan pertemuan di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (6/4) yang lalu.

Dalam pertemuan tertutup itu, muncul aspirasi untuk pasangan Prabowo-Yusril. Representasi Nasionalis-islamis. Sejauh mana peluang Prabowo berpasangan dengan Yusril pada Pilpres mendatang?

Pengamat politik Syahrial Mayus memiliki penilaian tersendiri. Menurutnya, pasangan Prabowo-Yusril amat mungkin terwujud bila melihat pada kualitas kepemimpinan, latar belakang politik serta hubungan pertemanan antar keduanya.

“Dari aspek kepemimpinan, saya kira tidak ada yang meragukan ya. Sama-sama tokoh kharismatik, berpengalaman di pemerintahan, teruji, pintar dan visioner. Jadi sah-sah saja keduanya berpasangan,” kata Syahrial, Senin (1/5).

Baca juga : Survei LANSKAP: Elektabilitas Prabowo Subianto Tinggi Di Jateng Dan Jatim

Syahrial mengatakan, saat ini elektabilitas capres baik Ganjar, Prabowo dan Anies, tak jauh beda. Karena itu pilihan cawapres harus bisa mendongkrak elektabilitas capres.

Apalagi, kata Syahrial, pengalaman dan keahlian Yusril terutama dalam hukum tata negara akan melengkapi kepemimpinan Prabowo, yakni dalam mewujudkan tata kelola negara dan pemerintahan yang berkepastian hukum.

“Kita tahu Yusril dengan PBBnya merepresentasikan golongan Islam, sehingga akan terbentuk pasangan ideal nasionalis-islamis bila maju bersama Prabowo,” ujarnya.

Sedangkan dari aspek hubungan emosional, Syahrial menilai antara Prabowo dengan Yusril sudah terbentuk chemistry atau kecocokan mengingat sudah berteman sejak lama.

“Ibaratnya kalau nanti terpilih pasangan ini bisa langsung tancap gas, berbagi tugas,” imbuhnya.

Baca juga : Komisi I DPR: Kejar Dengan Segala Cara!

Namun demikian, ia menggarisbwahi pasangan Prabowo-Yusril sulit terwujud bila parameter yang digunakan merujuk pada modal politik kursi parlemen. Ini karena PBB tidak lolos parlemen, sehingga tidak dapat mengusung pasangan calon.

“Itu semua bergantung pada poros koalisi yang dibangun Gerindra,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.