Dark/Light Mode

Survei LANSKAP: Elektabilitas Prabowo Subianto Tinggi Di Jateng Dan Jatim

Senin, 17 April 2023 15:16 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP) Mochammad Thoha menyampaikan, berdasarkan hasil riset ilmiah, mayoritas masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengenal sosok Prabowo Subianto.

"Tingkat pengenalan publik terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan di dalam pertanyaan survei baik di Jateng maupun di Jatim sudah melampaui 50 persen. Yang paling tinggi di Jateng ditempati Prabowo, Ganjar, Anies di tiga besar dan Prabowo, Khofifah dan Ganjar di peringkat tiga besar di Jatim," kata Thoha dalam siaran persnya, Senin (17/4).

Lantas ketika mengenal sosok yang dipilih, Toha mempertanyakan apakah mereka suka dengan sosok-sosok tersebut. Hasilnya, ranking tertinggi masih ditempati oleh Prabowo Subianto, khususnya di Jawa Timur.

Baca juga : Survei CPCS: Elektabilitas PDIP Turun Dampak Piala Dunia U20, Gerindra Naik

"Pada pertanyaan likeabilitas, mayoritas publik menyatakan biasa saja terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan dalam survei di Jateng. Sementara di Jatim publik lebih umum menyatakan suka," jelasnya.

Untuk peringkatnya baik di Jateng maupun di Jatim dipuncaki oleh tokoh yang berbeda. Dijelaskan Thoha, Ganjar Pranowo berada di urutan tertinggi di Jateng disusul oleh Prabowo dan Anies di tiga besar.

Sementara di Jatim, pemuncak untuk tingkat ketersukaan ditempati Prabowo, Khofifah dan Ganjar. Sementara Anies tertahan di posisi keenam di Jatim.

Baca juga : Ganjar Comeback, Elektabilitas Teratas Kalahkan Prabowo Dan Anies

Lantas bagaimana dengan faktor elektabilitas, Thoha menyebut Prabowo masih berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah. Namun di Jawa Timur, masih di urutan pertama.

"Untuk elektabilitas capres di Jateng dan Jatim menemukan hasil yang berbeda. Ganjar menempati posisi tertinggi di Jateng, disusul oleh Prabowo di posisi kedua dan Erick Thohir di posisi ketiga. Anies tercecer di posisi keenam di Jateng Ganjar hanya terpaut 4,4 persen saja dari Prabowo," paparnya.

"Sementara di Jatim, Prabowo sebagai pemuncak berselisih 6,8 persen dari Ganjar dan Anies menempati posisi ketiga. Agaknya sekarang Provinsi Jatim merupakan basis elektoral utama Prabowo di samping Jabar dan Banten di Pulau Jawa," sambung Thoha.

Baca juga : Habib Jindan Puji Prabowo: Dia Orang Baik Dan Berhati Besar

Thoha menyampaikan beberapa analisa, mengapa Prabowo Subianto masih berada di urutan tiga besar di Jawa Tengah, karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah kegiatan safari menteri Pertahanan tersebut ke beberapa daerah bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Prabowo mampu muncul sebagai runner up mungkin adalah buah dari safarinya di Jateng bertemu para tokoh berpengaruh dan memiliki akar dan modal sosial yang kuat. Lagi-lagi di samping hubungannya yang sangat baik dengan Jokowi," tutur Thoha.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.