Dark/Light Mode

Pimpin Pendaftaran Bacaleg Hanura Ke KPU

OSO: Semua Dapil Harus Menang

Kamis, 11 Mei 2023 08:48 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (tengah) bersalaman dengan Ketua KPU Hasyim Asyari saat pendaftaran bacaleg partainya, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/5). (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (tengah) bersalaman dengan Ketua KPU Hasyim Asyari saat pendaftaran bacaleg partainya, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (10/5). (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta (OSO) memimpin langsung pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) partainya, ke Kantor KPU, Jakarta, kemarin. Partai dengan nomor urut 10 ini, datang tepat pukul 10.00 WIB.

OSO datang didampingi para elite Partai Hanura seperti Sekjen Kodrat Shah, Wakil Ketua Umum Benny Rhamdani, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Akhmad Muqowam. OSO menegaskan, Hanura menyerahkan nama-nama kader terbaik.

Mantan Ketua DPD RI ini menyerahkan 580 nama bacaleg untuk 84 daerah pemilihan (dapil) DPR. “Semuanya lengkap,” ujar OSO, saat konferensi pers, di Kantor KPU, kemarin.

OSO masih merahasiakan nama-nama bacaleg yang dimajukan untuk merebut kursi DPR. Namun, dia memastikan, Hanura mencalonkan tokoh-tokoh terbaik bangsa. Kisi-kisinya, tidak perlu orang terkenal untuk berjuang memajukan bangsa di parlemen.

“Kita berniat semua yang tampil itu bukan orang terkenal. Kalau tidak berprestasi, buat apa kita pilih. Lebih baik tidak terkenal namun cerdas, dan berpihak kepada Merah Putih,” tegasnya.

Baca juga : Basmi KKB, Semua Pihak Harus Turun Tangan

Intinya, kata OSO, Partai Hanura melirik tokoh yang tidak terlihat secara popularitas, tapi memiliki kualitas personal dan loyalitas tinggi. Dia menyerukan pesta demokrasi nanti agar bersih dari aksi politik uang yang dianggap merugikan bangsa ini.

Mantan Wakil Ketua MPR ini menceritakan, dirinya juga berangkat dari kelompok orang biasa yang bisa naik ke kancah politik nasional, termasuk menjadi Ketum Hanura. Berangkat dari perjalanan inilah, OSO merasa banyak orang berkualitas yang perlu diberikan tempat untuk berjuang.

OSO melanjutkan, di Hanura, tidak ada istilah dapil favorit sebagai lumbung suara. Dia menerangkan, semua jagoan partai dipastikan menonjol di daerah masing-masing. Pesannya, seluruh dapil harus bisa dimenangkan caleg Hanura sebagai representasi kemenangan daerah itu sendiri.

“Semua dapil harus menang. Semua kan dari daerah, masa ingin daerahnya kalah. Kita tulus saja dengan hati Nurani,” ucapnya.

OSO menambahkan, Hanura tidak kesulitan dalam menempatkan jagoan di Pileg 2024. Termasuk dalam urusan memenuhi kuota 30 persen bacaleg perempuan. Bahkan, Hanura mampu mencalonkan nama bacaleg sebanyak 32 persen.

Baca juga : Paling Pertama Daftar Caleg Ke KPU, PKS Nyatakan Siap Menang Dan Melayani Rakyat

Bagi OSO, perempuan Indonesia saat ini sudah setara dengan laki-laki dalam kemampuan berpolitik maupun berperan dalam membangun bangsa. Buktinya, ada ketua umum partai perempuan.

“Jumlah penduduk banyak perempuan juga. Ibu-ibu, mama-mama itu penting karena yang melahirkan anak-anak kita ini,” sebutnya.

Mengenai endorsement bacaleg yang dilakukan mantan Ketum Partai Hanura Wiranto ke PPP dan Gerindra, OSO tidak ambil pusing. Dia memastikan, sikap Wiranto itu tidak berpengaruh sama sekali ke internal partai.

Justru, sambung OSO, Partai Hanura kebanjiran mantan kader partai politik dan tokoh-tokoh agama. Di antaranya, dari NasDem, PPP, Gerindra, PKB, Golkar, hingga PKP yang tidak lolos menjadi kontestan Pemilu 2024. “Sedikitnya, ada 280 kiai yang mendaftar ke Hanura,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan, pihaknya telah menerima berkas bacaleg dari Hanura. KPU menerima rombongan partai yang dipimpin OSO di Ruang Sidang Utama Lantai 2, Pukul 10.34 WIB. "Dokumen-dokumen persyaratan yang diserahkan kami terima, kami proses," kata Hasyim.

Baca juga : Pendaftaran Bacaleg Dibuka, DEEP Ingatkan Lima Hal Krusial

Usai tim teknis memeriksa berkas pendaftaran tersebut, lanjut Hasyim, KPU akan memberitahukan status kelengkapan berkas pendaftaran bacaleg DPR dari Hanura. “Secara teknis, nanti tim liaison officer (naradamping) dari Partai Hanura akan berkomunikasi, berkoordinasi dengan tim teknis pendaftaran dari KPU, sehingga nanti dalam tahapan ini kategorinya cuma satu, lengkap atau tidak lengkap," terangnya.

Hanura menjadi partai kedua yang telah menyerahkan nama bacaleg DPR. Yang pertama adalah PKS, yang menyerahkan nama-nama bacalegnya ke KPU pada Senin (8/5). Pendaftaran bakal caleg DPR di Kantor KPU masih akan berlangsung hingga Minggu (14/5) pukul 23.59 WIB.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.