Dark/Light Mode

Generasi Milenial Kampanyekan Kaus ”Calon Menteri Kabinet Prabowo”

Minggu, 28 Mei 2023 14:08 WIB
Kaos ”Calon Menteri Kabinet Prabowo” yang digunakan sebagai kampanye mendukung Prabowo sebagai Capres 2024. (Foto : Ist)
Kaos ”Calon Menteri Kabinet Prabowo” yang digunakan sebagai kampanye mendukung Prabowo sebagai Capres 2024. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto kembali mendapat dukungan dari generasi milenial maju sebagai Capres 2024. Itu setelah muncul penggunaan kaus bertuliskan "Yang Lagi Kamu Lihat Sekarang Ini Calon Menteri Kabinet Prabowo Subianto" di kalangan generasi milenial dan z. .

Tulisan lain "Yang Lagi Kamu Liatin Ini Calon Menteri Dikbudristek", "Calon Menteri Pemberdayaan Perempuan", "Calon Menko Marvest", di Tshirt dan menuangkannya di media sosial jadi cara unik mengekspresikan dukungan kepada Prabowo.

"Awalnya simpel karena kepikiran kalau saya bisa jadi menteri yang sesuai kemampuan dan latar belakang. Kemudian ada teman yang menanggapi dan punya harapan sama. Dari situ kemudian kita tulis apa harapannya masing-masing, dan sampai sekarang justru banyak yang ikutan pakai kaos ini," kata Salman, pegiat sosial yang mengkampanyekan gerakannya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/5).

Dikatakannya lagi, ada alasan kuat generasi milenial dan z menyambut positif dan ikut menyukai penggunaan kaos ini. Misalnya saja, terkait situasi di masa depan yang sangat dinamis dan berubah-ubah.

Baca juga : Srikandi Ganjar KalbarSulap Daun Nyiur Jadi Produk Bernilai

Tentunya, hal ini menjadi kekhawatiran dan sosok Prabowo dianggap bisa memberikan jalan keluar atau solusi nyata. 

"Dalam diskusi-diskusi santai, obrolan ringan, kami merangkum dan mendapatkan kesimpulan bahwa pak Prabowo disukai karena dinilai unik, cerdas, rendah hati, mampu mencuri perhatian serta memberi ruang kreatif bagi anak muda," terangnya.

Menurut Salman, generasi kami tidak menyukai yang hanya pandai bicara, janji semata dan politik pencitraan, tapi lebih jelas kerjanya dan yang bisa direalisasikan. 

" Generasi milenial butuh sesuatu yang rasional terkait kepastian masa depan yang lebih baik. Semua itu kami nilai ada pada sosok Pak Prabowo. Terlebih memiliki latar belakang dan pengalaman luas, termasuk Internasional" tambahnya.

Baca juga : Jokowi Mau Ke Lampung Cek Jalan Rusak, Menteri PUPR Bilang Begini

Tidak hanya di Jabodetabek, kini di kota-kota besar lainnya, pemakaian kaos seperti itu semakin terlihat ramai. Bahkan sukses membuat menjadi gaya hidup. Hal ini membuktikan bahwa generasi milenial dan z menyukai hal unik dan inovatif.

"Pakai kaos seperti ini punya arti penting, pesan, semangat, tujuan dan terfikir cara kita mencapainya. Untuk mudah diingat, maka dituangkan dalam kaos seperti ini," ujar Bagus Pratomo, pemakai kaos unik ini.

Sebelumnya, hasil survei Litbang Kompas pada 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan, Prabowo Subianto merupakan sosok yang paling banyak dipilih generasi Z atau warga berusia 17-26 tahun sebagai calon presiden.

Berdasarkan hasil survei, 32,7 persen generasi Z memilih Prabowo sebagai capres  tulis Litbang Kompas. Hal ini dikutip dari Harian Kompas edisi Rabu (24/5/2023). 

Baca juga : Hengkang Dari Gerindra, Sandiaga Uno Sampaikan Permintaan Maaf Ke Prabowo

Di kalangan generasi Z, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu diikuti Ganjar Pranowo 24,5 persen; Anies Baswedan 10 persen; Ridwan Kamil 8,5 persen; Sandiaga Uno 2,4 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 0,6 persen.

Kemudian, sebanyak 6,1 persen responden dari generasi Z memilih tokoh lain sebagai calon presiden. Sedangkan 15,2 persen responden menjawab tidak tahu.

Selain generasi Z, elektabilitas Prabowo juga berada di posisi teratas pada generasi Y atau warga berusia 27-41 tahun.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan secara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error lebih kurang 2,83 persen.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.