Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pekan Literasi Digital Balikpapan, Ciptakan Ruang Aman, Berbudaya,dan Produktif

Sabtu, 25 Maret 2023 22:08 WIB
Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat dan komunitas di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat dan komunitas di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar kegiatan Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat dan komunitas di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada akhir pekan lalu.

Pekan Literasi Digital menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya untuk meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat umum dalam menggunakan teknologi digital dengan lebih optimal.

Baca juga : Literasi Digital Sektor Pendidikan Untuk Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Pendidik di Aceh

Kegiatan yang digelar di Mahakam Grand Ballroom, Swiss-Belhotel Balikpapan, dengan dihadiri sekitar 1000 peserta secara luring dan daring.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa kapasitas literasi digital masyarakat Indonesia dinilai “sedang”, yaitu sebesar 3.54 dari 5.00.

Baca juga : Pemerintahan Gelar Literasi Digital Untuk ASN dan SDM di Yogyakarta

Berdasarkan hal tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan sejumlah komunitas dan kelompok masyarakat untuk melakukan literasi kepada masyarakat tentang materi yang didasarkan pada 4 Pilar Utama Literasi Digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Pekan Literasi Digital Kota Balikpapan dibuka oleh sambutan Walikota Balikpapan dengan diwakili Sutadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, yang menyambut baik pelaksanaan Pekan Literasi Digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.