Dark/Light Mode

Tren Elektabilitas Menurun, Demokrat Hitung Ulang Dukungan Kepada Anies

Senin, 5 Juni 2023 20:36 WIB
Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief (Foto: Ist)
Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat menyadari adanya penurunan elektabilitas bakal calon presiden 2024 dari Koalisi Perubahan Untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.

Untuk itu, Demokrat berencana menghitung ulang dukungan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Penurunan elektabilitas diakui Demokrat lantaran Anies tak kunjung memutuskan bakal calon wakil presiden.

Karenanya, Andi Arief mendesak Anies segera mengumumkan jodohnya.

"Jadi kita akan mengajukan usul kepada Pak Anies agar bulan Juni ini segera dideklarasikan agar tidak semakin dalam jaraknya, makin jauh jaraknya," kata Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief, Senin (5/6).

Baca juga : Demokrat Ancam Tarik Dukungan Ke Anies, NasDem-PKS Santuy

Diingatkannya, jangan sampai fenomena ini membuat elektabilitas kandidat pasangan Anies ikut merosot.

Sebaliknya, deklarasi bakal cawapres akan semakin memperkuat keinginan masyarakat terhadap perubahan. Sehingga hal itu diprediksi bisa mendorong kenaikan elektabilitas.

"Partai maupun mereka yang mau perubahan itu yakin dan mulai bergerak dan menaikkan kembali elektabilitas Pak Anies," tambahnya.

Untuk itu, Andi menegaskan, Demokrat akan mengevaluasi dukungan jika Anies tak kunjung mengumumkan bakal cawapres pada Juni.

Baca juga : Survei SMRC: Elektabilitas 37,9 Persen, Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Dan Anies

"Kalau Juni belum deklarasi berpasangan, kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi," jelas dia.

Sebelumnya, hasil survei teranyar Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan elektabilitas bakal capres KPP Anies Baswedan, terus turun sejak Juli 2022.

Dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Indikator, elektabilitas Anies secara berturut-turut, yakni 29,4 persen pada Juli 2022; Oktober 2022 28,4 persen.

Lalu, Januari 2023 24,2 persen; Februari 2023 24 persen; April 2023 22,2 persen, Kemudian, awal Mei 2023 21,8 persen; dan akhir Mei 2023 18,9 persen.

Baca juga : Di Provinsi Jatim, Elektabilitas Prabowo Tinggalkan Ganjar

Elektabilitasnya kini terpaut jauh dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan elektabilitas 34,2 persen dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 38 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.