Dark/Light Mode

Berziarah Ke Makam Mbah Moen

Ibadah Haji Jadi Momentum Ganjar Perdalam Spiritulitas

Minggu, 2 Juli 2023 07:50 WIB
Bakal calon presiden (Capres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Ganjar Pranowo menyempatkan diri berziarah ke makam ulama kharismatik KH Maimun Zubair (Mbah Moen) di sela-sela pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram @dpp.ppp)
Bakal calon presiden (Capres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Ganjar Pranowo menyempatkan diri berziarah ke makam ulama kharismatik KH Maimun Zubair (Mbah Moen) di sela-sela pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (Foto: Instagram @dpp.ppp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (Capres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Ganjar Pranowo menyempatkan diri berziarah ke makam ulama kharismatik KH Maimun Zubair (Mbah Moen) di sela-sela pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

Kegiatan ziarah itu terpantau di postingan Instagram Partai Persatuan Pembangunan (PPP) @dpp.ppp. Dalam video yang dibagikan, Ganjar nampak khusyuk berdoa di depan pusara Mbah Moen yang terletak di pemakaman Jannat Al Ma’la, kompleks pemakaman istri, kerabat, dan sahabat Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulillah. Di tengah menjalankan ibadah haji, calon presiden @ganjar_pranowo ti­dak lupa menyempatkan diri ber­ziarah kepada ulama panutannya Alm. KH. Maimun Zubair,” tulis akun Instagram PPP.

Baca juga : Ibadah Haji, Spiritual Ganjar Digembleng

Sejumlah jemaah asal Indonesia yang juga tengah ziarah, menghampiri dan menyalami Gubernur Jawa Tengah ini. Ganjar berbincang hangat dengan mereka. “Sehat-sehat semua ya. Mabrur,” doa Ganjar disambut amin para jemaah

Menanggapi hal ini, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah men­gungkapkan, ibadah haji kali ini membuat spiritualitas Ganjar semakin matang menghadapi Pilpres 2024. “Haji kali ini jadi ajang penggemblengan spiritual bagi Ganjar Pranowo,” ujar Said Abdullah dalam keterangan­nya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sesuai cerita yang disampai­kan Ganjar kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ganjar juga sempat sowan ke berbagai ulama dan habib di Tanah Suci. “Kata Mas Ganjar yang disam­paikan kepada Mbak Puan, be­liau benar-benar nyantri selama di Tanah Suci ini, mendapatkan banyak wejangan dari banyak ulama dan habib,” tambah Said.

Baca juga : Anis Matta: Perayaan Idul Adha Jadi Momentum Kesetaraan Dan Persamaan Sesama Umat Manusia

Selain itu, lanjutnya, Ganjar mengaku merasa dimudahkan selama berhaji. Gubernur Jawa Tengah itu beribadah layaknya warga pada umumnya, tanpa pengawalan dan protokoler standar pejabat tinggi negara. “Selama wukuf, tawaf ifadah, hingga sa’i, berjalan lancar, hatinya adem. Kata beliau, merasa tidak kepanasan, rasanya ada energi yang menggerakkan,” cerita Said.

Said membenarkan bahwa Ganjar juga menyempatkan ziarah ke makamulama Indonesia yang juga guru panutannya dari Jawa Tengah, Mbah Moen. Apalagi, Gus Yasin, putra Mbah Moen, mendampingi Ganjar se­bagai wakil gubernur di Jateng. “Mas Ganjar berziarah karena tidak bisa melupakan jasa besar Mbah Moen. Ini adab yang baik,” tuturnya.

Ketua Badan Anggaran DPR ini juga mengaku bahagia me­lihat kekompakan Ganjar dan Puan yang kerap ditunjukkan di depan publik. Ini sekaligus menepis anggapan, Puan kecewa lantaran rekomendasi capres Banteng tidak diberikan kepadanya. “Sikap Mbak Puan ini menjadi contoh bagi seluruh kader PDI Perjuangan. Mbak Puan kian matang dalam berpoli­tik dan bernegara,” pungkasnya.

Baca juga : Pemerintah Tindak Lanjuti Bantuan Perbaikan Fasilitas Bandara Vanuatu

Terpisah, pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo melihat,Ganjar memang lebih elegan dan terkesan tak memanfaatkan mo­mentum. Pria berambut putih itu juga tak mengumbar ibadahnya dalam berbagai postinganpribadi. Yang mengunggah justru orang lain.

“Maka tak salah disebut spiri­tualitasnya matang. Ganjar selek­tif mana yang ibadah, mana yang diumbar,” kata Karyono kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Karyono melihat, Ganjar tak menggebu-gebu memanfaatkan ibadah personalnya ini demi meraih simpati umat Islam un­tuk mendapatkan efek elektoral. “Tidak ada upaya pribadi meng­kapitalisasi momen ibadahnya maupun momen dia bertemu orang penting di sana. Bahwa ada orang lain yang mengabarkan, itu hal yang wajar,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.