Dark/Light Mode

Unggul Di Survei NPC, Prabowo Dianggap Layak Lanjutkan Program Jokowi

Sabtu, 8 Juli 2023 18:56 WIB
(kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Erick Thohir, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi. (Foto: Instagram Prabowo)
(kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Erick Thohir, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi. (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei National Press Club (NPC) merilis hasil survei terbaru terkait sosok calon presiden (Capres) yang diinginkan masyarakat Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya, responden lebih menyukai Capres yang bisa melanjutkan program Presiden Jokowi.

"Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dianggap dapat melanjutkan program Jokowi ke depan," kata Direktur Eksekutif NPC, Winarko dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (8/7).

Baca juga : Survei INES: Masyarakat Jagokan Prabowo Lanjutkan Program Jokowi

Tak hanya itu, Prabowo dinilai sebagai tokoh yang memiliki kemampuan dalam mengatasi persoalan negara.

Hal itu ditandai dari kinerja Prabowo selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

"Bukti itu ditunjukan Prabowo sebagai Menhan Pak Jokowi," sambungnya.

Baca juga : Dukung Masyarakat Sehat, Plebo Hadirkan Layanan Kesehatan Preventif Dan Promotif

Lebih lanjut, penilaian masyarakat terhadap kandidat Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masih diragukan. Karena keduanya terlihat sering memunculkan polemik dan pernyataan politik yang mengakibatkan perpecahan bangsa.

"Kemudian, Ketum Golkar Airlangga Hartarto terlihat hanya masuk dalam urutan keempat, sehingga perlu adanya gerakan politik dan dukungan dari masyarakat karena popularitas yang masih minim," ucap Winarko.

Sedangkan Prabowo menjadi kandidat Capres paling populer dengan angka 92,8 persen. Hal ini diiringi dengan tingkat akseptabilitas Prabowo yang ikut meninggi hingga 82,8 persen.

Baca juga : Sore Ini, Persib Siap Hadapi Madura United

"Sementara Ganjar Pranowo tingkat popularitasnya 67,6 persen dan akseptabilitasnya 47,7 persen. Kemudian Airlangga Hartarto popularitasnya dikisaran 42,1 persen dan akseptabilitasnya 64,7 perse. Terakhir Anies Baswedan tingkat popularitasnya 66,2 persen dan tingkat akseptabilitasnya 41,4 persen," pungkas Winarko.

Adapun survei ini dilakukan pada 22 Juni hingga 2 Juli 2023 dengan mengambil data dari warga negara Indonesia yang sudah dan akan memiliki hak pilih pada Pemilu 2024, dengan jumlah sebanyak 2.100 responden dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Penarikan sample atau responden mengunakan metode multistage random sampling didasarkan pada DPT yang ditentukan KPU. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.